Cara Mengaktifkan Kembali Kartu ATM Mati dan Terblokir

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu ATM Mati dan Terblokir – Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi pada kartu ATM atau kartu debit yang menyebabkan kartu ATM atau kartu debit tersebut tidak dapat digunakan diantaranya habisnya masa aktif kartu ATM (debit) serta kartu ATM atau debit yang terkena blokir pihak bank.

Berikut kang erik rangkum beberapa penyebab kartu ATM tidak dapat digunakan dan cara untuk mengatasinya :

Kartu ATM Mati atau Kadaluarsa

Setiap kartu ATM yang diterbitkan oleh bank manapun memiliki masa aktif kartu masing-masing. Biasanya lamanya masa aktif kartu ATM adalah selama 5 tahun. Jika agan sista tidak tahu sampai kapan masa aktif kartu ATMnya, coba agan sista perhatikan pada bagian depan kartu ATM biasanya terdapat tulisan “valid thru” diikuti angka bulan dan tahun.

atm kadaluarsa, masa aktif kartu atm, at terblokir, membuka blokir atm, atm tidak akif, mengaktifkan kartu atm

Misalnya “valid thru 10/16″ artinya kartu ATM agan sista hanya dapat digunakan sampai bulan Oktober tahun 2016. Dengan demikian kartu ATM tersebut tidak akan dapat digunakan pada bulan November 2016 dan bulan-bulan berikutnya meskipun saldo tabungan agan sista tersisa cukup banyak.

Jika kartu ATM agan sista sudah tidak aktif atau kadaluarsa seperti ini, maka cara untuk mengaktifkannya lagi adalah dengan mengganti kartu ATM yang agan sista gunakan dengan kartu ATM yang baru. Silahkan agan sista bawa buku tabungan, KTP serta kartu ATM kadaluarsa tersebut ke Bank tempat agan sista membuka rekening dahulu atau ke kantor Bank yang tingkatannya lebih atas. Siapkan pula biaya penggantian kartu ATM yang besarannya berbeda-beda tergantung jenis kartu (silver, gold atau platinum) dan kebijakan bank yang bersangkutan.

Baca Juga : Perbedaan Kartu ATM BCA Silver Gold dan Platinum

Kartu ATM Terblokir

Masalah yang satu ini biasanya terjadi karena salah memasukkan PIN ATM lebih dari 3 kali secara terus menerus. Sebenarnya ini merupakan salah satu cara bank untuk menimalisir terjadinya penyalahgunaan kartu ATM, karena sungguh tidak masuk akal jika si nasabah lupa PIN sampai berulang-ulang seperti itu. Namun terkadang memang yang namanya manusia adakalanya lupa, mungkin karena punya banyak kartu ATM dengan PIN yang berbeda-beda atau karena saking pusingnya mikirin hutang sampai-sampai lupa memasukkan PIN kartu ATM yang benar, hehe.

Adapun cara untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir atau cara unuk membuka blokir kartu ATM adalah dengan datang langsung ke kantor bank tempat agan sista membuka rekening dahulu atau kantor bank yang tingkatannya lebih tinggi dengan membawa KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM yang terkena blokir. Berbeda dengan cara mengaktifkan kartu ATM yang kadaluarsa, kartu ATM terblokir biasanya tidak dikenakan biaya karena kartunya sendiri tidak diganti, hanya diunlock saja blokirannya oleh pihak bank.

Demikianlah informasi ringkas cara mengaktifkan kembali kartu ATM mati (kadaluarsa) dan terkena blokir yang dapat kang erik sampaikan. Intinya baik kartu ATM yang terblokir atau yang kadaluarsa harus dibawa ke kantor Bank tempat agan sista membuka rekening dahulu atau kantor bank yang tingkatannya lebih tinggi. Untuk biayanya sendiri sebenarnya masing-masing bank punya kebijakan yang berbeda-beda, hanya saja biasanya untuk kartu yang terblokir tidak dikenakan biaya sedangkan penggantian kartu ATM yang kadaluarsa dikenakan biaya.

Baca Juga : Cara Mengganti Kartu ATM Rusak Hilang dan Tertelan

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126