Cara Mendaftarkan Website Ke Google Webmaster Tools

Google webmaster tools adalah alat yang dapat digunakan oleh para pemilik web atau blog (webmaster) untuk mengamati perkembangan dan kesehatan web atau blog yang dimilikinya, seperti untuk mengecek broken link, crawl errors dan lain-lain.

Sebenarnya anda tidak harus mendaftarkan website anda ke google webmaster, karena website atau blog anda tidak akan diacuhkan sama sekali oleh pihak google hanya gara-gara tidak mendaftar di google webmaster tools, bahkan bisa saja website yang tidak didaftarkan di google webmaster mendapatkan posisi yang bagus di halaman pencarian google. Meskipun demikian, bagaimana anda akan tahu keadaan atau status situs anda dimata google jika anda sendiri tidak pernah mendaftarkannya di google webmaster tools?.

cara mendaftarkan website ke google webmaster, daftar blog ke webmaster, google web master, web master, google web master tool, google webmaster tools blog, googlewebmaster, googlewebmastertools, webmaster tool google,

Guru blog saya selalu bilang bahwa google itu mempunyai semacam robot yang bertugas untuk merayapi website atau blog yang bertebaran di internet dan kemudian menyimpannya ke server google. Nah, dengan google webmaster ini anda bisa memberikan peta situs website anda kepada google, mana yang boleh dirayapi dan mana yang tidak boleh, kemudian jika terdapat broken link dan lain-lain, google akan melaporkannya untuk anda.

Sebagai mesin pencarian yang terbesar saat ini, tentu saja google ingin menampilkan hasil pencarian yang akurat dan bermanfaat untuk penggunanya. Oleh karenanya google sangat membenci broken link dan disinilah tugas yang harus anda kerjakan yaitu memeperbaikinya atau situs anda akan dilempar jauh-jauh dari hasil pencarian google.

Syarat utama untuk mendaftarkan situs ke google webmaster tool adalah anda harus mempunyai akun google, saya rasa ini bukan merupakan syarat yang berat untuk anda lakukan dan saya rasa hampir setiap orang sudah mempunyai akun google masing-masing. Selain syarat ini, tentu saja anda harus sudah mempunyai website / blog yang akan anda daftarkan. Akan tidak lucu ceritanya jika saat anda ingin daftar google webmaster tapi anda baru akan mulai membuat blog atau websitenya pada saat itu juga.

Jika kedua syarat diatas telah anda penuhi, maka selanjutnya anda tinggal ikuti panduan cara mendaftarkan website ke google webmaster tool berikut ini :

  • Silahkan masuk ke halaman google webmaster disini. Jika ada permintaan konfirmasi password akun google anda silahkan masukan saja dan login.
  • Di halaman utama google webmaster, silahkan anda pilih tambahkan situs yang ada di sebelah kanan atas (saya menggunakan versi bahasa indonesia, silahkan sesuaikan jika anda menggunakan versi bahasa inggris atau yang lainnya). Jika anda baru menggunakan google webmaster, biasanya anda langsung disuruh memasukan url website anda, seperti berikut :
    submit url webmaster, google add url submission,  google webmaster submit url
  • Setelah anda menambahkan situs anda, pihak google meminta anda untuk melakukan verifikasi, nah ditahap inilah biasanya beberapa pemilik blog atau website bingung, terutama yang baru menggunakan webmaster tools. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ini sangat mudah sekali dilakukan. Google memberikan pilihan metode verifikasi, yaitu yang disarankan dan metode alternatif. Anda dapat memilih diantara kedua metode tersebut.
    • Metode yang disarankan, disini sudah diberikan petunjuk yang harus anda lakukan dengan jelas. Anda harus download file verifikasi terlebih dahulu, kemudian menguploadnya ke website anda (Untuk upload anda bisa menggunakan ftp client seperti filezilla dan sebagainya, lihat panduan menggunakan filezilla disini). Setelah di upload, anda harus membuka halaman yang diminta google dan klik verifikasi.
    • Metode alternatif, disini anda ditawarkan banyak sekali pilihan, anda bisa menentukan yang mana yang kira-kira mudah anda lakukan.
      • Tag HTML
        Silahkan sisipkan meta tag yang diberikan tepat setelah diantara <head> dan </head>. Jika anda menggunakan cms wordpress dan memakai plugin wordpress seo by yoast silahkan anda masukan contentnya saja dari tag tersebut. Seperti contoh tag : <meta name=”google-site-verification” content=”KhCg2Uuh2MRZz1p-ftft2aIUoBh0FG-rrrLO3njNGi0″ />. Silahkan anda masukan kode KhCg2Uuh2MRZz1p-ftft2aIUoBh0FG-rrrLO3njNGi0 saja di plugin wordpress seo by yoast anda.
        webmaster seo by yoast
      • Penyedia Nama Domain
        Disana akan banyak pilihan penyedia domain yang terkenal, ada namecheap, godaddy dan lain-lain. Petunjuk disini berbeda-beda tergantung dimana anda mendaftarkan nama domain tersebut.
      • Google Analytics
        Jika anda sudah mendaftar di google analytics, anda bisa melakukan verifikasi dengan metode ini. Jika belum anda bisa daftar dulu atau gunakan saja metode lain yang lebih mudah.
      • Google Pengelola Tag
        Pastikan anda mempunyai akun google tag manager. Jika belum, anda bisa sign up terlebih dahulu disini dan ikutilah petunjuk verifikasi yang diberikan oleh google.
  • Setelah melakukan verifikasi, maka anda tinggal menggunakan google webmaster tools ini sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mengatur sitemap, melihat perkembangan website anda dari hari kehari, mengecek adanya broken link dan lain-lain. Silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk memonitor dan memaksimalkan kinerja website anda.

 

loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Mendaftarkan Website Ke Google Webmaster Tools"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
WPBaliweb
Pengunjung
8 months 7 days ago

Mantab Gan artikelnya, bisa buat rujukan ke temen – temen kita yang lagi membutuhkan tentang artikel ini.

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126