Cara Memilih, Menentukan dan Cek Nama Domain Yang Masih Tersedia

Memilih, menentukan dan cek nama domain yang masih tersedia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada saat ingin membeli sebuah domain di situs registrasi manapun di dunia ini. Memilih nama domain adalah proses awal yang harus anda lakukan untuk memiliki sebuah domain. Memiliki sebuah domain merupakan hal mutlak yang harus dilakukan apabila anda ingin membuat sebuah website, apapun jenis website tersebut, apakah toko online, profile, blog, forum (grup) atau jenis website lainnya.

Cara Memilih dan Menentukan Nama Domain

Pada saat anda ingin membuat sebuah website, anda pasti berpikiran tentang nama domain apa yang kira-kira cocok untuk website anda tersebut. Disinilah proses pemilihan nama domain dimulai. Anda mungkin saja membuat list banyak nama domain yang anda suka untuk digunakan oleh website tersebut, tapi tahukah anda bahwa memilih nama domian itu tidak boleh sembarangan?cara membuat nama domain, cek nama domain baru, domain .com murah, cek domain indonesia, cara beli domain id, menentukan nama domain paling bagus, menentukan nama domain web, cara mendapatkan nama domain, bayar domain dengan paypal, domain tanpa kartu kredit

Memilih nama domain memerlukan kecerdasan dan kejelian. Jangan sampai anda memilih nama domain yang bertolak belakang dengan konten yang akan anda muat di situs anda. Jangan sampai pula anda membuat nama domain yang sukar untuk dieja banyak orang dan hal lain yang sangat perlu anda perhatikan sebelum membeli (mendaftarkan) sebuah domain.

Berikut ini saya uraikan satu demi satu, hal-hal yang harus anda perhatikan pada saat memilih nama domain :

  • Secara umum, nama domain terbagi kedalam domain yang mengandung keyword dan domain umum yang tidak mengandung keyword sama sekali.
    • Domain dengan KeywordContoh domain yang mengandung keyword seperti domain jualbajumurah.com, batikonline.com, jualpulsa.com, tutorialwordpress.com dan sebagainya. Domain ini memiliki kekuatan SEO untuk keyword yang ditarget lebih baik daripada domain umum yang tanpa menggunakan keyword. Meskipun demikian, bukan berarti website dengan domain yang mengandung keyword akan selalu berada di halaman pertama google, karena masih banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan suatu website bisa ranking di halaman pertama google.

      Domain yang mengandung keyword memiliki kekurangan berupa keterbatasan isi konten, artinya anda tidak bisa membuat konten website diluar dari topik yang ada pada domain tersebut. Contoh, jika anda mempunyai domain bajumuslim.com, maka anda tidak akan membahas tentang cara menggunakan VPS bukan? Justru akan menjadi aneh jika domain bajumuslim.com membahas seputar cara menggunakan VPS atau topik lain yang tidak sesuai.

      Domain dengan kata kunci (keyword) pendek saat ini sudah sangat sulit untuk dimiliki, karena domain jenis ini biasanya diburu banyak orang, kecuali pada kata kunci tertentu yang hasil pencariannya tidak terlalu banyak.

    • Domain Tanpa Keyword (brand sendiri)Domain tanpa mengandung keyword adalah domain umum yang digunakan untuk membuat brand baru di ranah internet. Anda mungkin mengenal dedeerik.com sebagai situs blog yang menyediakan konten seputar VPS dan Web, anda juga mungkin mengenal blog cara-ririn.com yang menyediakan konten seputar blogging dan SEO, anda juga mungkin sering mendengar digitalocean.com sebagai situs penyedia layanan VPS, olx.co.id sebagai tempat jual beli barang-barang bekas dan lain sebagainya.

      Domain jenis ini lebih bersifat fleksibel, artinya anda bisa menjadikan domain tersebut untuk situs yang memuat konten satu topik saja atau bahkan campuran berbagai topik. Meskipun demikian, sebaiknya anda fokus untuk satu topik saja, supaya lebih gampang dalam proses branding domain tersebut. Proses branding adalah proses pengenalan merk dalam bentuk domain yang anda gunakan. Proses branding ini sangat penting untuk mengenalkan kepada banyak orang tentang jati diri situs anda.

      Kekurangan domain jenis ini adalah dibutuhkannya usaha lebih maksimal untuk mengenalkan jati diri nama domain anda ke banyak orang. Orang akan cenderung langsung mengenal nama domain yang memiliki keyword daripada nama domain yang tidak mengandung keyword. Seperti pada domain jualbatik.com dan kangerik.com, anda pasti akan langsung mengetahui bahwa jualbatik.com adalah domain untuk situs tempat jual batik.

      Sedangkan domain kangerik.com masih terdengar asing dan abstrak dimata masyarakat umum, sampai anda kenalkan kepada mereka bahwa kangerik.com adalah situs jual beli emas online misalnya. Cara pengenalan dapat dilakukan dengan memasang iklan di TV, koran, majalah, radio atau memasang iklan di situs lain seperti youtube, google, facebook dan lain sebagainya. Cara alternatif yang terbilang efektif dan murah adalah dengan menguasi SEO.

  • Pilih Nama Domain Yang Pendek
    Pilihlah nama domain yang tidak terlalu panjang. Semakin pendek nama domain, biasanya akan semakin mudah diingat banyak orang. Semakin mudah diingat orang, maka akan semakin mudah dalam proses branding nama domain tersebut.Gunakan maksimal 16 huruf pada saat anda ingin membuat nama domain. Domain dengan jumlah huruf lebih dari 16 akan cenderung susah diingat dan dihafalkan banyak orang.
  • Hindari Nama Domain Susah Dieja
    Sebaiknya anda hindari nama domain yang susah untuk dieja. Meskipun jumlah karakter hurufnya sedikit, tapi apabila susah untuk dieja, maka sama saja bohong. Domain yang sulit dieja akan membuat orang susah mengingat dan melafalkan nama domain tersebut. Domain yang susah diingat dan dilafalkan akan sulit dalam proses branding nama domain yang bersangkutan.Hindari penggunaan angka berlebih dan karakter huruf yang tidak membentuk sebuah kata atau kalimat. Contoh seperti mclzd3dvf.com, brwqk5.com dan sebagainya.
  • Wajib Menggunakan TLD
    Top Level Domain (TLD) adalah hal berikutnya yang harus anda penuhi. Domain ber TLD seperti .com, .net, .org, .info dan lain-lain akan lebih mudah diingat banyak orang daripada domain bukan TLD. Saya sarankan anda untuk lebih mengutamakan .com, karena domain berakhiran .com memiliki nilai lebih dihati masyarakat Indonesia. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa sebuah website (situs) itu wajib berakhiran .com. 😀

Demikianlah beberapa poin penting yang wajib anda perhatikan pada saat memilih nama domain. Jika anda membuat banyak list nama domain dan list-list nama domain tersebut telah memenuhi syarat-sayarat diatas, maka silahkan anda tentukan nama domain mana yang akan anda prioritaskan. Pilihlah nama domain paling bagus, paling simple dan mudah diingat banyak orang. Jangan buang list nama domain lainnya yang tidak anda prioritaskan, karena bisa jadi pada saat anda cek nama domain yang anda prioritaskan tersebut ternyata sudah dimiliki oleh orang lain.

Cara Cek Nama Domain

Sebelum anda membeli nama domian, terlebih dahulu anda harus melakukan cek nama domain yang anda inginkan. Cek nama domain ini bertujuan untuk mengetahui apakah domain tersebut masih tersedia atau sudah dimiliki orang lain. Domain yang sudah dimiliki orang lain tidak akan dapat anda miliki kecuali jika anda meminta kepada pemiliknya untuk menjual domain tersebut kepada anda.

Seluruh situs penyedia layanan registrasi domain seperti namecheap.com, godaddy.com, name.com dan lain sebagainya pasti menyediakan fitur pengecekan nama domain. Fitur tersebut dapat anda gunakan secara gratis, tanpa harus membeli domain di situs yang bersangkutan.

Berikut ini adalah cara cek domain di situs namecheap.com :

  • Buka situs namecheap.com.
  • Ketik nama domain yang anda inginkan pada kotak yang disediakan. Saya coba memasukkan dedeerik.com, lalu klik “search”.daftar domain namecheap. cara register domain namecheap, memilih domain namecheap, menentukan domain namecheap, beli domain namecheap murah, sewa domain di namecheap
  • Jika domain masih tersedia, anda akan mendapatkan tanda ceklist, harga domain tersebut berikut pesan “this domain is available!”. Jika ternyata domain yang anda inginkan sudah dimiliki orang lain, akan muncul tanda silang berikut pesan “this domain is not available!”.cara perpanjang domain, beli domain murah, harga domain namecheap, diskon namecheap, harga promo namecheap, kupon namecheap

Berikut adalah cara cek domain pada situs godaddy.com :

  • Buka situs godaddy.com.
  • Ketik nama domain yang anda inginkan pada kotak yang tersedia, lalu klik “search domain”.cek domain di godaddy, domain godaddy termurah, promo domain godaddy, kupon kode godaddy, jual domain godaddy
  • Jika domain yang anda inginkan masih tersedia (belum dimiliki orang lain), maka akan muncul pesan “Yes! your domain is available.  Buy it before someone else does”. Disana juga akan muncul harga domain berikut harga promo jika membeli banyak domain.cara beli domain di godaddy, register domain di godaddy
  • Jika ternyata domain yang anda inginkan tersebut sudah dimiliki orang lain, maka akan muncul pesan “Sorry, dedeerik.com is taken” dengan informasi tambahan domain alternatif yang masih tersedia.situs untuk membuat website, domain perusahaan bagaimana cara membeli domain, website situs, nama website, tips memilih domain, nama domain yang bagus,

Bagi anda yang ingin registrasi domain di situs lain, silahkan anda sesuaikan saja. Pada intinya, tidak ada banyak perbedaan cara cek domain di situs register domain manapun, baik lokal maupun internasional. Hanya saja, saya sarankan anda untuk mencek dan membeli nama domain di situs terpercaya yang sudah berpengalaman. Kedua situs diatas adalah dua situs register domain terpopuler, berpengalaman dan sudah dipercaya selama bertahun-tahun.

Bagi anda yang ingin membeli domain lokal Indonesia seperti .id, co.id, web.id, or.id, ac.id dan sebagainya, anda bisa register nama domain di situs lokal seperti rumahweb.co.id, reseller.co.id dan sebagainya. Untuk mengetahui cara membeli domain lokal Indonesia, silahkan anda baca artikelnya disini.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126