vps vultr

Cara Membuat VPS Linux Restart Otomatis (Auto Reboot)

Untuk menjaga performa VPS supaya tetap stabil, ada baiknya jika anda sekali-sekali melakukan restart (reboot) untuk VPS linux yang anda miliki. Memang benar, VPS anda bisa bekerja dengan baik full time 24 jam, apalagi jika didukung dengan support dari pihak ISP VPS untuk selalu menjaga kualitas layanan VPS mereka. Namun, baik mesin maupun manusia sendiri pada dasarnya membutuhkan waktu untuk sekedar beristirahat dari rutinitas yang dikerjakan. Begitu halnya dengan VPS, VPS yang anda miliki membutuhkan beberapa saat untuk istirahat terlebih dahulu sebelum kembali melakukan pekerjaan yang anda berikan.

Anda tentu saja bisa mengistirahatkan VPS anda dengan merestart (reboot) VPS secara manual, baik melalui terminal console, maupun melalui control panel VPS yang anda install atau telah diberikan oleh pihak penyedia layanan VPS.cron job linux, auto restart linux, reboot otomatis linux, jmenjadwal waktu restart

Untuk melakukan restart (reboot) VPS melalui terminal console, anda dapat memberikan command :

reboot

Dan seketika VPS anda akan reboot, anda hanya tinggal menunggu beberapa saat sampai VPS anda kembali aktif (biasanya tidak lebih dari satu menit). Sangat mudah bukan?.

Lalu, bagi yang ingin merestart VPS melalui control panel bagaimana?

Restart (reboot) VPS melalui control panel sebenarnya tergantung dari control panel apa yang digunakan. Apakah anda install webmin control panel, EHCP contol panel, control panel dari penyedia VPS atau control panel lainnya yang semuanya itu memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan reboot VPS. Namun, bisa saya pastikan bahwa mereka menyediakan cara (tombol)  untuk melakukan restart VPS anda disana.

Kedua cara tersebut adalah merupakan cara manual yang mungkin saja membuat anda sedikit lelah. Memang tidaklah sulit untuk melakukan itu, tapi terkadang ada hal-hal lain yang membuat seseorang enggan melakukan hal tersebut. Mungkin karena sibuk, karena lupa atau bahkan karena sekedar malas saja untuk melakukannya.

Oleh karena itu, disini saya akan berikan cara membuat VPS Linux restart otomatis (auto reboot) yang tentu saja hal ini akan mempermudah anda supaya tidak perlu melakukan restart VPS secara manual. Auto reboot ini menggunakan sistem penjadwalan dari cron (cron job) yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi lingkungan sistem operasi Linux.

Berikut adalah cara mengatur VPS linux melakukan restart otomatis (auto reboot) dengan menggunakan cron :

  • Buka terminal console dan login seperti biasa. Selanjutnya silahkan anda pilih satu dari beberapa perintah berikut ini :
    • Menit.
      Contoh untuk auto reboot setiap 30 menit, maka perintahnya :

      echo "0,30 * * * * root /usr/bin/reboot" > /etc/cron.d/reboot
    • Jam
      Untuk melakukan restart otomatis tiap satu jam, perintahnya :

      echo "0 * * * * root /usr/bin/reboot" > /etc/cron.d/reboot

      Untuk melakukan auto reboot setiap 12 jam, maka perintahnya :

      echo "0 */12 * * * root /usr/bin/reboot" > /etc/cron.d/reboot
    • Jika anda ingin membuat auto reboot setiap sehari sekali (24 jam sekali), maka commandnya :
      echo "0 0 * * * root /usr/bin/reboot" > /etc/cron.d/reboot
  • Jika anda ingin menonaktifkan auto reboot tersebut, maka gunakan perintah berikut ini :
    rm /etc/cron.d/reboot

Saran saya sebaiknya anda cukup menjadwal auto reboot anda setiap 24 jam sekali (sehari sekali). Alasannya jika VPS sering di reboot, otomatis pekerjaannya juga sering terhenti, sehingga bisa berakibat tidak baiknya hasil pekerjaan yang dilakukan oleh VPS tersebut.

Cara ini bisa juga digunakan untuk linux biasa (bukan VPS) misalnya linux desktop anda, asalkan sebelumnya anda sudah menginstall cron.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE