Cara Membuat Formulir Online di WordPress Self Hosted

Adakalanya situs yang anda miliki membutuhkan beberapa formulir online yang dapat digunakan sebagai salah satu alat atau media komunikasi antara pengunjung website (visitor) dengan anda sebagai webmaster (pengelola website). Contoh sederhana dari formulir online adalah adanya kotak komentar yang dapat diisi oleh pengunjung untuk menanggapi artikel yang telah anda buat.

Dalam perkembangannya, formulir yang anda buat bukan hanya bisa berfungsi sebagai kotak komentar saja, anda bisa membuat formulir untuk keperluan lain, misalnya untuk formulir kontak, formulir konfirmasi, formulir pendaftaran dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan anda.formulir registrasi, membuat formulir pendaftaran online, membuat form, cara membuat formulir pendaftaran

Memang benar untuk membuat formulir-formulir tersebut, selain dituntut harus jago php juga anda harus lihai dalam mengelola database. Anda tentu bisa mengatur database dengan bantuan phpmyadmin dan mempelajari php secara berkala dari berbagai sumber untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmu php yang anda miliki. Namun, tentu saja hal itu membutuhkan proses yang lumayan lama.

Anda bisa mempelajari satu bahasan php dan mencoba memperaktekannya di komputer anda dengan menginstall xampp tentunya, tapi itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Anda mungkin akan mengalami beberapa error terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil menguasai satu materi bahasan tersebut.

Disini saya tidak sedang menakut-nakuti anda untuk belajar php dan database. Ilmu itu penting dan harus anda pelajari untuk memantapkan anda sebagai seorang webmaster professional yang handal, tapi tentu saja sebelum anda benar-benar mahir menguasai php database tersebut bukan berarti anda harus berpuasa untuk tidak membuat formulir online di website anda bukan?

Oleh karena itulah saya lebih memilih wordpress self hosted, karena dengan wordpress self hosted saya tidak harus mahir menguasaiĀ berbagai bahasa pemograman. Cukup memahami dasarnya saja, saya jamin website wordpress anda akan terlihat luar biasa menakjubkan. Tidak terkecuali dalam hal membuat formulir online, anda tidak perlu khawatir dengan masalah php, database dan lain sebagainya. Anda cukup install plugin yang dibutuhkan di situs wordpress anda dan formulir yang anda inginkan tersebut bisa anda buat dengan sangat mudah.

Inilah salah satu nilai plus dari wordpress self hosted. Ketersediaan ragam plugin yang super banyak dan beraneka fungsi inilah yang dapat anda manfaatkan untuk memenuhi ragam kebutuhan pengelolaan website anda. Selain ketersediaan ragam plugin, wordpress self hosted juga bisa anda dandani dengan beaneka ragam theme. Anda juga bisa membuat berbagai jenis website seperti web toko online, web profile, Web blog dan lain-lain. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang fitur wordpress self hosted disini.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa anda hanya cukup menginstall plugin saja untuk membuat formulir online tersebut. Lantas plugin apa sajakah yang digunakan dan direkomendasikan?

Plugin pembuatan formulir online sebenarnya banyak bertebaran di wodpress.org, tapi yang saya sering gunakan sekaligus saya rekomendasikan buat anda adalah 2 plugin berikut ini :

Kedua plugin terusebut berhubungan erat. Contact form 7 berfungsi untuk membuat formulir online yang akan anda buat, sedangkan contact form db berfungsi untuk menampung atau menyimpan data yang telah tersubmit dari formulir yang dibuat oleh contact form 7 tadi. Kurang lebih fungsinya sama seperti hubungan php dan database.

Dalam contact form 7 anda akan berfokus ke pembuatan dan pemilihan formulir. Disana sudah disediakan dengan lengkap berbagai macam tag yang dapat anda gunakan. Selain itu ada juga opsi untuk notifikasi via email baik untuk anda maupun untuk email pengisi formulir, serta ada pula opsi pesan yang ditampilkan saat data yang dimasukan salah, sukses dan lain-lain. Sedangkan contact form db hanya berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukan saja. Anda bisa membuka contact form db ini untuk mengecek apakah ada data yang masuk atau tidak.

Selanjutnya untuk tutorial cara menggunakan kedua plugin tersebut akan saya bahas dilain kesempatan. Yang penting sekarang anda sudah tahu bagaimana cara membuat formulir online di situs wordpress self hosted. Untuk urusan plugin bisa anda pelajari sendiri terlebih dahulu karena saya rasa plugin tersebut sangat mudah digunakan. Jika anda ragu untuk mencoba sendiri, silahkan anda tunggu saja update artikel saya selanjutnya ya. šŸ˜€

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

5 Comments on "Cara Membuat Formulir Online di WordPress Self Hosted"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Produksi bisnis indonesia
Pengunjung
11 months 23 days ago

terimakaish banyak ya.. sangat membantu

handayana
Pengunjung
handayana
7 months 18 days ago

kalo plugin utnuk download data ke bentuk exel apa gan ?

Santri Drajat
Pengunjung
6 months 16 days ago

Kalau form pendaftaran bisa apa gak ya mas ?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126