Cara Membuat eMail Forwarding Menggunakan Postfix

Sebelum saya membahas bagaimana cara membuat email forwarding di Linux, terutama untuk pengguna distro Ubuntu, Debian dan Centos dengan menggunakan software Mail Transfer Agent (MTA) Postfix, terlebih dahulu saya akan menjelaskan pengertian email forwarding serta untuk apa saja fungsi email forwarding tersebut.

Email forwarding adalah suatu cara yang digunakan untuk mengalihkan atau memindahkan semua email (surat elektronik) yang masuk dari satu alamat email ke alamat email yang lainnya. Dengan adanya email forwarding ini, maka apabila anda mempunyai banyak alamat email, anda tidak perlu login satu persatu ke setiap alamat email tersebut hanya untuk melakukan pengecekan apakah ada email masuk atau tidak pada setiap alamat email yang anda punya.

Menariknya, email forwarding ini dapat dilakukan lintas server. Artinya, anda bisa melakukan forwarding email ke alamat email yang ada dalam satu server yang sama atau bahkan ke alamat email di luar server tersebut. Misalnya anda memiliki email anda@namadomain.com, namaanda@namadomain.com dan anda@gmail.com, maka alamat email anda@namadomain.com dapat di forward ke alamat email namaanda@namadomain.com atau dapat juga diforward ke alamat email anda@gmail.com.postfix dan tux, logo postfix, belajar forwarding email, mail forwarding with postfix

Dari pengertian diatas dapat diketahui bahwa fungsi email forwarding adalah untuk mempermudah pengecekan email (surat elektronik) dari banyaknya alamat email yang anda miliki dengan hanya mengakses satu alamat email (utama) saja. Dengan email forwarding juga anda dapat membuat semacam tembusan ke alamat email orang lain, apabila alamat email anda menerima pesan email.

Bagi anda yang menggunakan control panel seperti CPanel WHM, Webuzo, EHCP dan lain sebagainya anda bisa menggunakan fasilitas email forwarding ini dengan sangat mudah, anda hanya tinggal klik email forwarding lalu masukkan alamat email anda dan alamat email yang anda tuju.

Selain itu, bagi anda yang melakukan registrasi nama domain melalui situs-situs besar seperti namecheap, anda juga dapat menikmati fasilitas email forwarding ini secara cuma-cuma, tanpa perlu melakukan konfigurasi manual di server anda.

Namun bagi anda yang tidak menggunakan control panel sama sekali atau bagi anda yang tidak melakukan registrasi nama domain pada situs yang memiliki fitur free email forwarding, maka anda bisa membuat email forwarding dengan terlebih dahulu harus menginstall aplikasi mail transfer agent (MTA) seperti postfix.

Sebelum anda melakukan instalasi postfix, harap pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah :

Setelah anda memenuhi keempat persyaratan diatas, silahkan anda install postfix di server Ubuntu atau Debian anda melalui command :

apt-get install postfix

Bagi yang menggunakan Centos atau Fedora silahkan berikan command dibawah ini, tentu saja setelah anda menghapus aplikasi MTA default Centos (sendmail) terlebih dahulu :

yum install postfix

Detail lebih lanjut tentang cara install postfix ini dapat anda lihat pada artikel membuat mail server di ubuntu dan artikel cara membuat mail server di centos 6 .

Setelah anda berhasil install postfix di server Ubuntu, Debian atau Centos anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi supaya postfix yang sudah anda install dapat digunakan untuk melakukan email forwarding dari satu alamat email ke alamat email yang lainnya dengan cara :

  • Buka file /etc/postfix/main.cf dengan editor yang biasa anda gunakan :
    nano /etc/postfix/main.cf
  • Tambahkan baris-baris berikut kedalam file tersebut :
    virtual_alias_domains = domain.com
    virtual_alias_maps = hash:/etc/postfix/virtual

    cara membuat email forwarding, cara mengatur email forwarding, cara konfigurasi email forwarding, cara setting email forwarding di cpanel
    Ganti domain.com dengan nama domain yang anda gunakan, misalnya dedeerik.ga, lalu simpan hasil edit konfigurasi file tersebut dengan CTRL+X, Y. Lihat contoh konfigurasinya dibawah ini :

  • Buka file /etc/postfix/virtual menggunakan editor yang biasa anda gunakan :
    nano etc/postfix/virtual

    Tambahkan alamat email-alamat email yang ingin anda forward dan masukkan pula alamat email yang dituju. Misalnya, saya akan melakukan forward dari me@dedeerik.ga ke reg@dedeerik.com, maka yang saya menambahkan baris-baris berikut ini :

    me@dedeerik.ga reg@dedeerik.com

    Apabila anda ingin memforward kelebih dari satu email secara berurutan, maka silahkan anda tambahkan baris seperti berikut ini pada file /etc/postfix/virtual tersebut :

    me@dedeerik.ga reg@dedeerik.com rikasoliver@gmail.com

    pengertian email forwarding, apa itu email forwarding, email forwarding adalah
    Dengan menambahkan baris tersebut, maka email yang dikirim ke me@dedeerik.ga akan disampaikan ke reg@dedeerik.com, lalu disampaikan pula ke rikasoliver@gmail.com. Simpan konfigurasi tersebut dengan CTRL+X, Y.

  • Update postfix tabel lookup melalui perintah :
    postmap /etc/postfix/virtual
  • Reload postfix dengan command :
    service postfix reload

Silahkan anda coba kirimkan email ke alamat email domain anda, lalu cek apakah ada email masuk atau tidak. Setelah itu, cek pula inbox atau kotak spam pada alamat email tujuan forward untuk memastikan bahwa email tersebut berhasil terforward atau tidak.

Saya sendiri melakukan pengetesan dengan mengirim email dari ibekacenter@gmail.com ke me@dedeerik.ga. Lalu saya cek kotak masuk (kotak spam) pada alamat email reg@dedeerik.com dan rikasoliver@gmail.com. Hasilnya, email yang dikirim dari ibekacenter@gmail.com, masuk juga ke inbox reg@dedeerik.com dan masuk ke kotak spam rikasoliver@gmail.com.

forwarding email ke gmail, forwarding email yahoo, forwarding email ke outlook
forwarding email postfix, forwarding email di vps, forwarding email linux

Apabila anda ingin melakukan forwarding ke alamat email gmail, yahoo atau outlook, harap dipastikan bahwa anda sudah membuat konfigurasi otentikasi SASL seperti yang saya informasikan pada artikel cara membuat mail server di centos dan ubuntu. Jika anda tidak membuat konfigurasi SASL, maka forwarding ke alamat email gmail atau yahoo maupun outlook tersebut akan gagal total (failed), seperti yang pernah saya alami. 😀

Silahkan gunakan command dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut penyebab anda gagal melakukan email forwarding di server anda :

tail -f /var/log/mail.log
loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Membuat eMail Forwarding Menggunakan Postfix"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
only one
Pengunjung
only one
1 year 4 months ago

makasih suhu buat arikenya.. lumayan dapat sedikit ilmu lagi 😀

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126