Cara Mudah Install WordPress di VPS Dengan ServerPilot

Cara Mudah Install WordPress di VPS Dengan ServerPilot – Menginstall wordpress di VPS Linux, khususnya Linux Ubuntu tidak akan menjadi mimpi yang menakutkan lagi bagi agan sista yang belum terlalu memahami kode-kode atau perintah-perintah melalui terminal console Linux. Setidaknya hal inilah yang kang erik rasakan setelah menggunakan ServerPilot Control Panel. Sebuah Control Panel VPS Gratis bagi pengguna setia VPS Digitalocean.

ServerPilot sendiri sebenarnya sudah lama rilis, hanya saja kang erik baru menggunakannya beberapa hari belakangan ini. Dengan menggunakan ServerPilot, agan sista tidak perlu menginstall paket LEMP (Linux, Nginx, MySQL dan PHP) secara manual. Karena ketika agan sista sudah menghubungkan VPS agan sista dengan ServerPilot, maka paket LEMP tersebut sudah terinstall secara otomatis. Hebat bukan?

Baca Juga : Cara Install WordPress Dengan Nginx di Ubuntu 14.04

Bukan itu saja, ServerPilot juga menyedia fitur yang sangat penting yaitu konfigurasi firewall dan update keamanan server secara otomatis. Untuk mendapatkan fitur-fitur lain seperti Priority Support, SSL and HTTP/2 Deployment, Server Health Stats, Log Viewer, App Request Stats, App Resource Usage Stats, Slow Script Notifications dan sebagainya, agan sista harus mau mengeluarkan sedikit tabungan agan sista dari 10 sampai 49 USD perbulan perserver.

Nah, bagi agan sista yang ingin menggunakan ServerPilot untuk mempermudah menginstall wordpress self hosted di VPSnya, silahkan perhatikan syarat-syaratnya sebagai berikut :

  • VPS Digitalocean.
  • Menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 14.04 versi 64 bit.
  • VPS Harus Fresh (Baru Install Ulang).

Jika agan sista belum punya VPS Digitalocean, silahkan order dulu. Caranya bisa lihat di artikel kang erik yang berjudul Cara Mudah Membuat VPS Digitalocean.

Setelah memiliki VPS Digitalocean dengan ketentuan seperti diatas, silahkan agan sista daftar terlebih dahulu di ServerPilot. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke situs ServerPilot disini.
  2. Klik Sign Up.
  3. Masukkan data-data yang diminta (email, password). Klik Sign up.
    sign up serverpilot
  4. Periksa kotak masuk di email yang didaftarkan.
  5. Klik link yang diberikan dan silahkan konfirmasi email dengan memasukkan password dan klik tombol confirm email.
    daftarserverpilot

Langkah berikutnya adalah menghubungan ServerPilot dengan VPS Digitalocean agan sista. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik Connect a Server.
    cara menghubungkan vps
  2. Masukkan data-data yang diminta seperti berikut ini :
    cara memakai serverpilot, cara menggunakan serverpilot

    1. IP Address : Isi dengan IP VPS agan sista.
    2. Root Password : Isi dengan password root VPS agan sista.
    3. SFTP Password : Isi dengan password SFTP yang ingin agan sista buat. Password SFTP bisa disamakan dengan password root VPS, supaya lebih mudah diingat. SFTP ini nantinya akan digunakan untuk mengakses VPS melalui aplikasi seperti Filezilla dan lain sebagainya.
  3. Klik Connect to ServerPilot dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  4. Jika prosesnya sudah selesai maka itu artinya program seperti web server, mysql, php dan lain-lain sudah berhasil terinstall di VPS agan sista.

Setelah proses menghubungkan VPS dengan ServerPilot selesai. Selanjutnya agan sista bisa mulai menginstall wordpress di VPS melalui ServerPilot. Namun sebelum itu, pastikan agan sista sudah mengatur DNS untuk domain yang agan sista miliki. Agan sista bisa menggunakan DNS hosting sendiri, DNS hosting gratisan atau DNS hosting dari Digitalocean.

Baca Juga : Daftar 6 Penyedia Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Bagi agan sista yang ingin mengatur DNS Hosting di Digitalocean, silahkan ganti Nameservers (NS) di settingan domainnya menjadi :

  • ns1.digitalocean.com
  • ns2.digitalocean.com
  • ns3.digitalocean.com

Tiba saatnya untuk menginstall wordpress dengan menggunakan ServerPilot. Tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih menu Apps lalu pilih Create App
    membuat aplikasi serverpilot, menjalankan serverpilot
  2. Masukkan data-data yang diminta :
    cara cepat install wordpress, cara mudah install wordpress, install wordpress di vps digitalocean

    1. Name
      Isi dengan nama App yang akan dibuat. Bagian ini hanya bisa diisi dengan angka atau huruf saja.
    2. Domain
      Isi dengan nama domain agan sista misalnya www.kangerik.tk atau kangerik.tk
    3. WordPress
      Centang pada kotak yang disediakan lalu masukkan data situs wordpress yang akan dibuat. Jika agan sista ingin membuat situs PHP sendiri, jangan centang bagian ini.
    4. Runtime
      Pilih saja PHP 7.0. Agan sista boleh memilih versi PHP lain yang agan sista inginkan.
    5. Sever
      Pilih server VPS yang akan agan sista gunakan.
    6. System User
      Biarkan saja dengan serverpilot.
  3. Klik Create App
  4. Tunggu beberapa saat. Lalu silahkan coba akses domain web wordpress yang agan buat tadi.blog wordpress, fitur serverpilot, serverpilot adalah

Demikianlah cara cepat install wordpress di VPS dengan menggunakan ServerPilot untuk VPS Ubuntu 14.04 64 bit Digitalocean yang dapat kang erik sampaikan. Sejauh ini kang erik sangat merekomendasikan ServerPilot bagi agan sista yang masih pemula dalam mengelola VPS Linux Unmanaged seperti kang erik. Selain karena fitur, kemudahan, kecepatan dan kemananannya, ServerPilot juga terasa sangat user friendly dan mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Baca Juga : 6 Control Panel Gratis Terbaik Untuk Linux

 

 

loading...

Komentar Agan Sista

4 Comments on "Cara Mudah Install WordPress di VPS Dengan ServerPilot"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
febri
Pengunjung
febri
8 months 28 days ago

bisa instal banyak wordpress dalam 1 vps gak kalo pake serverpilot?

ronal
Pengunjung
ronal
3 months 18 days ago

mau anya nih gan kalo cara migrasi dari share hsting ke digital ocean menggunakan serverpilot gmna ya gan.. mohon pencerahanya ga..

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126