Cara Install Webmin di VPS Debian 6 dan 7

Saya benar-benar lupa untuk memposting tulisan cara install webmin di VPS debian 6 dan 7 ini, saya kira tulisan ini sudah saya posting sebelumnya dan ternyata belum. Setelah diselidiki ternyata saya hanya baru memposting tentang cara install webmin di vps centos saja.

Untuk penjelasan tentang arti dan fungsi webmin silahkan anda baca di tutorial webmin centos sebelumnya. Dalam postingan kali ini saya khusus hanya akan membahas tentang cara install webmin di debian saja terutama untuk debian 6 dan debian 7 berikut disertai cara menghilangkan ssl mode pada webmin di vps debian.
install webmin debian, cara install webmin debian

Baca Juga : Cara Install Webmin di VPS Centos

Cara Install Webmin di VPS Debian 6 dan 7

Berikut adalah tahapan instalasi webmin di debian (saya menggunakan debian 7 32 bit sebagai percobaan) :

  • Login ke vps anda dengan putty seperti biasa.
  • Masukan command berikut satu persatu berurutan dan tekan enter.
    wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.690_all.deb
    dpkg -i webmin_1.690_all.deb
    apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python
    apt-get -f install
  • Proses instalasi selesai, anda dapat menggunakan webmin dengan menggunakan atau mengetikan alamat https://ipvpsanda:10000 atau https://namadomainanda:10000 pada browser anda. Perbedaan akses antara webmin debian dengan centos adalah centos terletak pada http dan https. Centos menggunakan http, sementara debian menggunakan https.

Penggunaan https biasanya mengakibatkan adanya pesan error pada saat akan diakses, error tersebut sangatlah wajar mengingat webmin anda menggunakan ssl mode (jika pada mozilla biasanya ada permintaan certificate). Nah, bagi anda yang ingin menghilangkan ssl mode tersebut, anda dapat merubah https tersebut dengan http seperti pada centos, sehingga anda dapat mengakses webmin lebih mudah tanpa adanya pesan error tersebut dan tanpa harus konfirmasi certificate di browser anda.

Menghilangkan SSL Mode Pada Webmin

debian ssl error, webmin debian ssl errorUntuk menghilangkan ssl mode webmin silahkan ikuti panduan berikut ini :

  • Pastikan anda sudah login ke vps anda via putty seperti biasa.
  • Lakukan perubahan pada config webmin sebagai berikut :
    vim /etc/webmin/miniserv.conf
    

    (tentu anda bisa menggunakan editor lain seperti vi, nano, pico dan editor lainnya, saya menggunakan vim karena belum install nano :D) mengatasi ssl connection error

  • Seperti biasa, untuk mengedit menggunakan vim anda harus menekan tombol i dan silahkan edit pada bagian SSL=1 menjadi SSL=0
  • Tekan ESC kemudian ketikan :wq untuk menyimpan hasil editan dan keluar dari proses pengeditan
  • Restart webmin dengan
    service webmin restart

    atau

     /etc/init.d/webmin restart

Selanjutnya anda tinggal membuka webmin anda dengan mengetikan http://ipvpsanda:10000 atau http://namadomainanda:10000 pada browser anda.

Baca Juga : 6 Control Panel Gratis Terbaik Untuk Linux

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126