id-winherba.com

Cara Install Transmission di VPS Ubuntu dan Debian

Transmission adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang biasa digunakan untuk leech file torrent. Transmission support web UI sehingga dapat dimonitor secara real time dengan mudah melalui browser. Selain transmission, ada juga aplikasi sejenis seperti deluge, rTorrent, torrentflux dan sebagainya.

Artikel cara install transmission di VPS Ubuntu dan Debian ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara install torrent leech di VPS centos. Pada dasarnya cara yang akan saya share ini adalah sama dengan artikel tersebut, karena memang menggunakan aplikasi yang sama pula (transmission). Namun terkadang bagi seorang newbie seperti saya, akan sangat membutuhkan penjelasan yang sangat rinci, karena memang masih belum terlalu memahami seluk-beluk beraneka ragam distro Linux.apa itu transmission, transmission adalah, pengertian transmission torrent

Mengenai alasan penggabungan Ubuntu dan Debian dalam tutorial ini adalah karena tidak ada perbedaan cara diantara keduanya. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Ubuntu dan Debian masih berada dalam satu keluarga yang sama.

Sebelum melakukan instalasi transmission ini, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa anda tidak melanggar T.O.S layanan VPS yang diberikan pihak ISP (penjual). Jika anda ragu, silahkan anda tanyakan terlebih dahulu kepada pihak penjual untuk mendapat kepastian.

Berikut ini adalah cara install torrent leech dengan transmission di VPS Ubuntu dan Debian :

  • Lakukan update terlebih dahulu :
    sudo apt-get update
  • Buat direktori baru untuk menyimpan file hasil leech torrent anda :
    mkdir /var/www/html/downloads
  • Rubah hak akses direktori tersebut ke 777 :
    chmod 777 /var/www/html/downloads
  • Install transmission daemon melalui perintah :
    sudo apt-get install transmission-daemon
  • Edit pada file /etc/transmission-daemon/settings.json. Gunakan editor yang biasa anda gunakan. Saya biasa menggunakan nano editor, maka perintahnya menjadi :
    nano /etc/transmission-daemon/settings.json

    Jika belum install nano dan ingin mengetahui lebih jauh tentang nano editor, silahkan klik link ini.
    Silahkan anda edit pada bagian download-dir, rpc-username, rpc-password dan rpc-whitelist-enabled. Untuk bagian lainnya adalah optional. Tergantung keinginan anda.
    Perhatikan pada gambar berikut ini :cara menggunakan transmission deamon, cara memakai transmission, tutorial transmission daemon
    cara install torrent leecher debian, install torrent leech ubuntu, download torrent dengan vps, menggunakan vps untuk torrent
    Simpan konfigurasi tersebut melalui CTRL+X dan Y.

  • Restart transmission melalui perintah :
    service transmission-daemon reload

     

Proses instalasi sudah selesai dilakukan. Selanjutnya untuk mengakses torrent leecher (transmission) anda, silahkan ketikkan IP:9091 atau domain:9091 di browser anda. Untuk dapat mengakses file yang sudah terdownload di VPS, anda bisa membukanya di IP/downloads atau domain/downloads.

Catatan :

  1. Tutorial diatas adalah dokumentasi pribadi saya dengan menggunakan Ubuntu 14.04 LTS.
  2. Dalam setiap VPS yang saya punya, aplikasi apache selalu sudah terinstall secara default. Jika pada VPS anda ternyata belum disertai apache web server, anda dapat melakukan instalasi secara manual sebelum melakukan instalasi transmission ini. (Baca : Cara Install LAMP di VPS Ubuntu).
  3. Sebaiknya lakukan limit upload rate untuk menghemat penggunaan bandwidth VPS anda.
loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Install Transmission di VPS Ubuntu dan Debian"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
elhadiryelhadiry
Pengunjung
1 year 8 months ago

Limit upload rate letaknya yang mana ya gan? Klo download limit gak dibatasi gak masalah?

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126