Cara Install PhpMyAdmin di Centos 6

Phpmyadmin adalah mySQL front end berbasis web yang dapat membantu anda dalam pengelolaaan database secara online melalui halaman web. Kelebihan penggunaan phpmyadmin dalam pengelolaan database dibandingkan dengan saat menggunakan terminal konsol adalah bahwa anda sebagai pengguna phpmyadmin tidak perlu repot-repot lagi mengatur database dengan menuliskan berbagai macam perintah, karena dalam phpmyadmin sudah tersedia banyak icon dan tombol dengan berbagai fungsi yang akan mempermudah pekerjaan pengaturan database anda. Nah, bagi anda yang menggunakan OS Centos, kali ini akan saya share cara install phpmyadmin di Centos 6.

cara install phpmyadmin di centos 6, cara instalasi phpmyadmin, cara install phpmyadmin di vps centos

Cara install phpmyadmin di Centos sebenarnya sangat mudah, hanya saja sebelum anda melakukan installasi phpmyadmin, anda diharuskan telah menginstall LAMP server (Sistem Operasi Linux, Webserver Apache, Database MariaDB / MySQL dan Bahasa Pemograman PHP) di VPS anda terlebih dahulu dan harus anda pastikan bahwa LAMP yang telah anda install tersebut sudah beroperasi (running), karena jika belum, maka phpmyadmin yang anda install ini tidak akan bisa digunakan.

Berikut adalah cara install phpmyadmin di VPS Centos 6 :

    1. Langkah pertama enable atau install EPEL repository terlebih dahulu :
      rpm -ivh http://ftp.jaist.ac.jp/pub/Linux/Fedora/epel/6/i386/epel-release-6-8.noarch.rpm
    2. Kemudian update repositories dengan perintah :
      yum check-update
    3. Setelah anda update repositories, sekarang saatnya install phpmyadmin dengan command :
      yum install phpMyAdmin

      Perhatikan bahwa phpMyAdmin harus ditulis sama persis dengan ‘M’ dan ‘A’ adalah huruf kapital. Perintah ini akan menginstall phpmyadmin di server anda. Jika ada pertanyaan yang diberikan silahkan konfirmasi saja dengan y (yes).

    4. Selanjutnya silahkan anda restart Apache dengan perintah :
      service httpd restart
    5. Silahkan buka halaman phpmyadmin anda dengan mengetikan alamat URL IPVPS_atau_domain/phpMyAdmin atau IPVPS_atau_domain/phpmyadmin di browser anda.
      • Jika ada error “You don’t have permission to access /phpMyAdmin/ on this server”, maka solusinya silahkan buka file /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf dengan menggunakan editor kesayangan anda. Saya biasa menggunakan nano editor :
        nano /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf

        cara mengatasi error pada phpmyadmin, cara memperbaiki phpmyadmin error, cara mengatasi phpmyadmin error 2002, cara mengatasi phpmyadmin error 1045
        Temukan setiap kalimat “Deny from All ” dan silahkan berikan tanda pagar sebelum kalimat tersebut, setelah itu silahkan save dan exit (CTRL+X) dan kemudian restart kembali layanan Apache webserver anda.

      • Jika terdapat pesan error ” #2002 – Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/lib/mysql/mysql.sock’ (2)
        The server is not responding (or the local server’s socket is not correctly configured). Itu artinya layanan mySQL anda telah berhenti. Silahkan aktifkan (start) kembali.
    6. Jika ingin merubah alamat URL phpmyadmin yang berada di IPVPS/phpMyAdmin atau IPVPS/phpmyadmin, silahkan edit di /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf menggunakan editor pilihan anda. Lihat di bagian atas terdapat :
      Alias /phpMyAdmin /usr/share/phpMyAdmin
      Alias /phpmyadmin /usr/share/phpMyAdmin

      Contoh, saya ingin merubah URL phpmyadmin saya menjadi IPVPS/database, maka yang saya edit seperti berikut ini :

      #Alias /phpMyAdmin /usr/share/phpMyAdmin
      #Alias /phpmyadmin /usr/share/phpMyAdmin
      Alias /database /usr/share/phpMyAdmin

      Silahkan anda save dan exit pengaturan tersebut dan restart layanan apache anda dengan :

      service httpd restart

      Jika anda membuka halaman URL lama maka anda akan menemukan halaman error not found. Itu wajar, karena memang URLnya sudah dialihkan ke URL database yang beralamat di IPVPS/database. fungsi dan cara kerja phpmyadmin, cara menggunakan phpmyadmin centos, cara mengatur phpmyadmin

Selain merubah URL anda juga bisa saja menambahkan URL lain, artinya anda bisa mengakses halaman phpmyadmin anda di banyak alamat. Silahkan sesuaikan saja dengan yang telah saya sampaikan tadi. Caranya tidak jauh berbeda.

loading...

Komentar Agan Sista

2 Comments on "Cara Install PhpMyAdmin di Centos 6"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
nara
Pengunjung
nara
1 year 3 months ago

bro kalau defaultnya IP VPS phpMyAdmin apa y ? ane binggung cara masuk ke phpMyAdmin nya
terus kalau mau ganti IP VPSnya itu, harus buat database dulu apa langsung di ganti aja

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126