id-winherba.com

Cara Install EHCP VPS Debian

Dalam tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara install EHCP. EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah salah satu panel vps yang disediakan tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis, ini adalah panel favorit saya selain webmin. EHCP hanya mendukung sitem operasi debian /ubuntu dan keturunannya.

Untuk Centos / RedHat pihak ehcp sendiri tidak memberikan support tetapi pihak EHCP sendiri tidak membantah bahwa EHCP bisa diinstall di Centos / RedHat dengan berbagai penyesuaian. Anda bisa menginstall webmin sebagai alternetif panel gratis lainnya, silahkan baca postingan saya tentang cara install webmin centos.ehcp, control panel, control panel hosting, hosting gratis

Sesuai namanya, EHCP memang sangat simple dan mudah untuk dioperasikan bahkan oleh yang pengguna baru sekali pun. Dengan EHCP anda benar-benar tidak perlu lagi menyewa hosting untuk website anda, karena EHCP sudah memiliki fitur yang sangat lengkap seperti Disk Quota Control, SSL Support, Dukungan Berbagai Bahasa, FTP File Manager, Backup, Web Mail (Squirrel Mail, Roundcube Mail), Add Domain dan Sub domain, Transfer Domain, Konfigurasi Database, Web Stats dan yang paling saya suka tersedianya script untuk install berbagai cms seperti wordpress, drupal, joomla, xoops, modx dan lebih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa melihat fitur lengkap EHCP di link ini.

EHCP sendiri berdiri pada awal tahun 2006 dan sudah melayani ribuan perusahaan hosting dan juga individu. Dikembangkan dan dibuat pertama kali oleh Bvidinli, sekarang EHCP sudah mendapat banyak sekali dukungan dari pengembang lain, sehingga hal ini memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan EHCP itu sendiri.

EHCP menyediakan forum untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman, anda bisa membaca postingan terdahulu jika anda mendapatkan masalah, anda juga bisa memposting topik baru jika tidak ada permasalahan yang sama yang telah di posting di forum tersebut. Jika anda berkenan, anda juga bisa mendonasikan apapun untuk membantu proses pengembangan EHCP menjadi lebih power full, bisa dengan uang atau server, vps, software dan sejenisnya yang sekiranya dibutuhkan untuk proyek pengembangan.

Untuk menginstall EHCP anda hanya memerlukan 4 langkah mudah ditambah kesabaran anda menunggu prosesnya berjalan yang sedikit memakan waktu berhubung banyaknya aplikasi yang diinstal secara otomatis. Saya sarankan sebaiknya EHCP di install di vps yang fresh dengan spesifikasi ram minimal 512mb (1024 lebih disarankan).

Silahkan login ke vps anda terlebih dahulu masukan user dan password seperti biasa dan dilanjutkan dengan ini :

wget -O ehcp.tgz www.ehcp.net/ehcp_latest.tgz
tar -zxvf ehcp.tgz
cd ehcp
./install.sh

Saya telah membuatkan totorial khusus dalam bentuk video dengan lengkap, saya tidak memberikan screenshot karena proses instal EHCP ini terbilang cukup lama, sehingga akan membutuhkan screenshot yang cukup banyak. Dalam video tutorial kali ini saya menggunakan OS Linux Debian 6 32 bit, Untuk distro lain silahkan menyesuaikan. Pastikan anda mengingat data yang anda masukan pada saat instalasi terutama data password anda, supaya terhindar dari kesalahan atau error dikemudian hari.

loading...

Komentar Agan Sista

6 Comments on "Cara Install EHCP VPS Debian"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
emil
Pengunjung
emil
1 year 10 months ago

nah gan, kalo mau pindah dari apache ke nginx disebelah mana ya?

kemarin pake sentora, menguras banyak ram jadi mau pindah ke ehcp aja

Ian
Pengunjung
Ian
1 year 9 months ago

Mohon Maaf Mau Nanya …..
Syarat Instalasi EHCP Ne Apa Aja Ya ……
Apakah Harus Terinstal DNS (Bind9) Dulu Atau Bagai Mana ……
Anggap Saja Saya Baru Selesai Melakukan Instalasi OS Debian …….
Apa Aja YAng Perlu di Persiapkan …….

Makasih ……

Mokhamad Arifin
Pengunjung
8 months 20 hours ago

Ijin Share yang mas. tutorial yang sangat bermanfaat. saya coba di server local bukan di VPS. alhamdulilah Berhasil. walau tidak sempurna di VPS.

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126