Cara Install CMS Joomla di VPS Centos 6

Sebelum membahas cara install cms joomla pada VPS Centos 6, saya akan memberikan informasi kepada anda terlebih dahulu tentang apa itu joomla.

Seperti halnya wordpress, joomla juga merupakan salah satu jenis Content Management System (CMS) gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat website dinamis dengan sangat mudah. CMS sendiri adalah sebuah aplikasi website yang sudah secara default menyediakan desain template atau theme dilengkapi dengan fasilitas pengelolaan website. CMS juga dapat diartikan sebagai web wizard atau web builder, sehingga tidak dibutuhkan pengetahuan pengetahuan pemograman yang mendalam untuk membuat website yang diinginkan.cara instalasi joomla, modul joomla, tutorial joomla lengkap, cara instal joomla, cara install joomla, cara membuat joomla, joomla adalah

CMS joomla ini dikembangkan dari sebuah CMS mambo yang berbasis open source. Nama joomla sendiri berasal dari kata Jumla yang berasal dari bahasa swahili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau “bersama-sama”.

Untuk install CMS joomla di VPS centos 6, terlebih dahulu anda harus sudah melakukan instalasi LAMP terlebih dahulu di VPS anda. Jika sudah menginstall LAMP, silahkan ikuti panduan selanjutnya dibawah ini :

  1.  Langkah pertama download joomla :
    • Buat direktori baru untuk menympan file joomla yang akan di download :
      mkdir temp
    • Selanjutnya, kita akses direktori tersebut :
      cd temp
    • Sekarang download file joomla tersebut. Saya akan mendownload joomla versi  2.5.7.
      wget http://joomlacode.org/gf/download/frsrelease/17410/76021/Joomla_2.5.7-Stable-Full_Package.tar.gz
    • Ekstrak file yang sudah didownload tersebut dan pindahkan ke direktori default apache yang berada di   /var/www
      sudo tar zxvf Joomla_2.5.7-Stable-Full_Package.tar.gz  -C /var/www/html
  2. Langkah berikutnya konfigurasi setting.
    • Untuk dapat mengakases ke installer joomla, maka perlu pengaturan perubahan beberapa izin akses file sebagai berikut :
      sudo touch /var/www/html/configuration.php
      sudo chmod 777 /var/www/html/configuration.php

      Izin akses tersebut nantinya akan dirubah kembali ke 755 setelah proses install cms joomla ini selesai dilakukan.

  3. Langkah ketiga membuat database untuk joomla, pastikan MySQL anda sudah dalam siap untuk digunakan.
    • Silahkan login ke mySQL :
      mysql -u root -p

      Pastikan anda memasukan password mySQL anda dengan benar.

    • Buatlah database baru. Kali ini saya membuat database baru dengan nama joomla. Silahkan anda rubah dan sesuaikan saja, jika anda merasa tidak suka dengan nama databasenya :)
      CREATE DATABASE joomla;

      Output : Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

    • Buatlah user baru yang akan digunakan untuk mengakses database tersebut. Saya membuat user baru dengan nama erik, anda bisa merubahnya sesuai keinginan anda.
      CREATE USER erik;

      Output : Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • Selanjutnya buat juga password untuk user tersebut :
      SET PASSWORD FOR erik= PASSWORD("isipassword");

      Output : Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • Terakhir silahkan berikan hak kepada user baru tersebut untuk database joomla yang tadi anda buat :
      GRANT ALL PRIVILEGES ON joomla.* TO erik IDENTIFIED BY 'isipassword';

      Output : Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • Refresh MySQL :
      FLUSH PRIVILEGES;

      Output : Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • Keluar dari MySQL :
      exit
    • Restart Apache httpd :
      sudo service httpd restart
  4. Saatnya menginstall joomla. Silahkan akses IPVPS atau domainanda,com di browser dan lakukan proses instalasi disana. Saya tidak memberikan langkah-langkah lengkap untuk tahapan nomor empat ini, karena disana juga tersedia menu bahasa Indonesia sehingga saya rasa itu sudah cukup dapat membantu anda. Yang perlu anda perhatikan adalah pada saat anda mengatur database dan configurasi pengaturan situs anda sebagai berikut ini :
    • Pada pengaturan database, silahkan pilih MySQL pada tipe basis data, nama host jangan dirubah, nama pengguna dan sandi beserta nama basis datanya masukan saja sesuai dengan data-data yang tadi anda buat. Untuk yang lainnya biarkan saja default.membuat toko online dengan joomla, cara membuat web dengan joomla, cara menggunakan joomla, belajar joomla, membuat website dengan joomla cara membuat website dengan joomla, tutorial joomla
    • Dalam configuration silahkan anda masukan nama situs yang ingin anda buat, alamat email aktif dan nama admin serta password yang akan anda gunakan untuk login ke halaman administrator joomla anda nantinya.template joomla, download template joomla, template joomla 1.5, website joomla, joomla terbaru, download joomla terbaru
    • Setelah proses selesai, biasanya anda diminta untuk menghapus direktori pemasangan (instalasi). Ini akan saya bahas di tahapan selanjutnya.id joomla, joomla indonesia, forum joomla indonesia
  5. Setelah selesai melakukan instalasi di browser, saatnya anda kembali ke putty kesayangan anda dan menghapus direktori instalasi joomla serta merubah hak akses 777 tadi kembali ke 755 dengan cara sebagai berikut :
    sudo rm -rf /var/www/html/installation/
    sudo chmod 755 /var/www/html/configuration.php
  6. Silahkan kunjungi kembali situs anda. Anda bisa juga membuka halaman administrator di domainanda.com/administrator. Silahkan masukan usernama dan password admin yang anda buat tadi.

 

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126