Cara Gampang Merubah Kode Htaccess Apache ke Nginx

Seperti yang agan sista ketahui bahwa web server nginx tidak mendukung file htaccess seperti halnya web server apache. Hal ini tentu bisa sangat bermasalah bagi agan sista yang sudah terbiasa menggunakan file htaccess di apache, lalu berganti menggunakan web server nginx.

Berbeda halnya dengan agan sista yang sudah paham betul tentang web server nginx, hal seperti itu tentu bukan merupakan masalah besar yang sulit untuk diselesaikan. Tinggal lihat kode htaccessnya, kemudian konversi atau sesuaikan kode tersebut, lalu sisipkan di file konfigurasi web server nginx.

Nah, bagi agan sista yang baru menggunakan web server nginx atau yang masih belum bisa mengconvert kode file htaccessnya secara manual ke file konfigurasi web server nginx, berikut ini kang erik berikan cara paling mudah, yaitu dengan menggunakan htaccess to nginx converter.

Banyak sekali htaccess to nginx converter yang bisa agan sista temukan di jagat internet, akan tetapi kali ini kang erik hanya akan mendemonstrasikan penggunaan htaccess to nginx converter di situs winginx.com.

  1. Silahkan kunjungi situsnya winginx disini.
  2. Masukkan kode htaccessnya, lalu klik convert.
  3. Kode nginx akan tampil dibagian bawah kotak.converter htaccess apache ke nginx

Setelah itu tinggal masukkan saja kode nginx tersebut ke file konfigurasi nginx agan sista masing-masing. Letak file konfigurasi nginx mungkin berbeda-beda, tapi kang erik biasa meletakkannya di /etc/nginx/sites-available/namafile.

Demikianlah cara Gampang Merubah Kode Htaccess Apache ke Nginx menggunakan konverter online. Saran kang erik sebaiknya agan sista pelajari konfigurasi nginx lebih lanjut. Jangan mengandalkan converter, karena terkadang hasil dari konverter tidak selamanya sesuai. Kadang ada beberapa yang harus disesuaikan lagi untuk mencapai hasil yang agan sista inginkan.

Baca Juga : Cara Optimasi Web Server Nginx di VPS Linux

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE