Cara Gampang Membuat XML Sitemap Blogspot dan WordPress

Jika anda pernah mendaftarkan situs anda di google webmaster maupun bing webmaster, anda pasti pernah diminta untuk memasukkan XML sitemap situs anda. XML sitemap berguna untuk memberikan peta atau petunjuk jalan ke mesin pencari baik google, bing ataupun mesin pencari lainnya tentang situs anda, mana yang boleh dicrawl mana yang tidak boleh dicrawl. Jadi, jika anda sudah memberikan mereka sitemap, anda hanya tinggal duduk manis bersantai ria menunggu isi situs anda terindex oleh search engine.

Untuk membuat sitemap sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bagi anda yang menggunakan wordpress self hosted, anda bisa membuat xml sitemap dengan sangat mudah. Cukup install plugin google xml sitemap maupun plugin lain yang memberikan fitur pembuatan sitemap seperti plugin wordpress seo by yoast, maka sitemap anda sudah siap untuk anda pergunakan.sitemap blogspot, sitemap blogger, apa itu sitemap, cara submit sitemap, contoh sitemap

Sedangkan bagi anda pengguna blogspot, anda hanya perlu menambahkan sitemap.xml di akhir URL blog anda. Misalnya alamat blog anda adalah http://udin.blogspot.com, maka sitemapnya adalah http://udin.blogspot.com/sitemap.xml. Sangat gampang bukan? Saya rasa ini lebih mudah dari pada membuat sitemap di wordpress self hosted.

Lalu bagaimana dengan blog wordpress dari wordpress.com?

Kabar baiknya adalah ternyata membuat xml sitemap di blog yang menggunakan wordpress.com juga tidaklah berbeda dengan cara membuat xml sitemap di blog yang menggunakan platform blogspot. Sitemap blog wordpress.com anda sudah secara otomatis tersedia baut anda di namablog/sitemap.xml. Seperti contoh anda memiliki blog yang beralamatkan di https://otong.wordpress.com, maka sitemapnya adalah https://otong.wordpress.com/sitemap.xml

Selain kedua platform tersebut diatas, anda bisa membuat sitemap xml situs anda melalui xml sitemap generator. XML sitemap generator ini akan sangat berguna jika blog anda tidak menggunakan kedua platform diatas atau anda membuat website anda secara manual dan atau melalui cms lain selain wordpress. Banyak sekali website yang menyediakan layanan sitemap secara praktis. Diantara situs tersebut adalah :

Disana anda hanya perlu memasukkan URL situs anda kemudian klik start. Untuk kolom yang lain seperti frequency, last modification itu optional saja anda bisa mengatur dan menyesuaikannya. Setelah itu anda lakukan langkah berikut ini :

  • Download terlebih dahulu file sitemap yang sudah berhasil anda buat tadi. Anda bisa memilih berbagai format file yang tersedia dari mulai rar, gz, txt dan lain-lain. Saya biasanya download file xml secara langsung supaya lebih mudah.
  • Upload file tersebut ke folder root situs anda. Anda bisa menggunakan FTP Client Filezilla atau yang lainnya.
  • Cek sitemap anda di http//:domainanda.com/sitemap.xml.
  • Jika ternyata sitemap sudah berhasil anda buat. Silahkan anda submit URL sitemap anda ke webmaster tools, baik google webmaster, bing webmaster atau yang lainnya.

 

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

11 Comments on "Cara Gampang Membuat XML Sitemap Blogspot dan WordPress"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Solikul hadi
Pengunjung
Solikul hadi
1 year 6 months ago

terimakasih gan sangat membantu

Adrie
Pengunjung
1 year 6 months ago

Kalo di wordpress ada pluginnya. namanya WordPress SEO by Yoast, bisa membuat sitemap.xml secara otomatis. plugin tersebut juga bagus untuk SEO. link tutorialnya: http://www.belajar-wordpress.com/pengertian-sitemap-dan-cara-membuat-sitemap-di-wordpress/

dinar
Pengunjung
1 year 5 months ago

saya bingung 😀 sebenarnya kalau untuk wordpress yang gratisan bisa tidak gan?

bengkel las bogor
Pengunjung
1 year 3 months ago

udah gw pasang tapi anehnya dari kemarin kalo ditest sitemap tidak kedetect.. gw cek pake seoquake.. minta saran dunk ?

pepno
Pengunjung
1 year 1 month ago

Setelah membuat sitemap di https://www.xml-sitemaps.com/ lalu hasilnya dipasang dimana?

Lapor Polisi Secara Online
Pengunjung
1 year 1 month ago

Terimakasih informasinya.

Wallpaper Cartoon
Pengunjung
11 months 17 days ago

Makasih mas gan. Ini yang saya cari.
Dari dulu pusing dapetin xml.
Mantap pokok.

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126