Cara Encoding Video di VPS Centos Menggunakan FFMPEG

Bandwidth dan speed internet di negara ini selalu menjadi hambatan dalam aktifitas download file dari internet (server), apalagi apabila file yang di download itu berukuran sangat besar, maka bisa dipastikan kuota internet anda akan cepat habis, belum lagi speednya yang belum tentu maksimal, sehingga akan dapat menghabiskan waktu download yang sangat lama. Salah satu cara untuk mengatasi hal klasik seperti ini adalah dengan melakukan encoding, terutama pada file video yang akan didownload.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara encoding video di VPS centos dengan menggunakan FFMPEG.cara encode video di vps, cara memperkecil ukuran video vps, encoding video di server centos

Seperti yang anda ketahui bahwa VPS yang anda gunakan dapat pula melakukan aktifitas encoding. Yang dimaksud dengan encoding disini adalah proses konversi ukuran (size) video dari yang awalnya memiliki ukuran besar menjadi ukuran lebih kecil dengan mengurangi kualitas video tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Dengan melakukan encoding video, maka ukuran file video tersebut dapat diperkecil, sehingga mengakibatkan proses pemindahan file video dari VPS ke komputer (download) anda berjalan dengan cepat dan hemat.

FFMPEG adalah salah satu program yang biasa digunakan untuk mengkonversi beragam format multimedia yang berbeda-beda. Dengan FFMPEG, anda bisa merubah format file video yang asalnya MP4 kedalam format lain, misalnya FLV dan AVI, maupun sebaliknya. Selain itu, FFMPEG juga dapat merubah dan menentukan kualitas file yang dirubah, sehingga otomatis dapat pula merubah ukuran (size) video tersebut.

Berikut ini adalah cara install FFMPEG di VPS Centos :

  • Buatlah file dengan nama dag.repo di VPS anda ke dalam direktori etc/yum.repos.d/ :
    cd /etc/yum.repos.d/

    Buka dag.repo dengan editor pilihan anda. Saya biasa menggunakan nano, maka commandnya :

    nano dag.repo

    Masukkan konfigurasi berikut ini kedalam file tersebut :

    [dag]
    name=Dag RPM Repository for Red Hat Enterprise Linux
    baseurl=http://apt.sw.be/redhat/el$releasever/en/$basearch/dag
    gpgcheck=1
    enabled=1

    Simpan konfigurasi tersebut dengan CTRL+X dan Y

  • Install FFMPEG dengan memberikan perintah :
    yum install ffmpeg ffmpeg-devel

    Jika terdapat error GPG public key missing, silahkan berikan perintah ini :

    rpm -Uhv http://apt.sw.be/redhat/el5/en/i386/rpmforge/RPMS/rpmforge-release-0.3.6-1.el5.rf.i386.rpm

    Proses instalasi selesai, selanjutnya jika anda ingin mengecek apakah FFMPEG sudah berhasil terinstall atau belum, anda dapat mengetik command :

    ffmpeg

    Dan command berikut untuk mengetahui format file video atau audio apa saja yang didukung oleh FFMPEG :

    ffmpeg -formats
  • Langkah selanjutnya adalah menggunakan FFMPEG untuk encoding video atau audio file yang terdapat dalam server (VPS). Saya akan coba melakukan encoding pada video TV series yang saya download dari torrent menggunakan torrent leech di vps centos saya ini. Karena file video yang saya download dari torrent tersebut berada di /var/www/html/downloads, maka saya akan masuk terlebih dahulu kedalam direktori tersebut :
    cd /var/www/html/downloads

    Inilah command untuk melakukan encoding tersebut :

    ffmpeg -i Arrow.S02E20.HDTV.x264-LOL.mp4 -qmax 7 -ar 44100 Arrow0220.flv

    Silahkan anda tunggu sampai prosesnya selesai. Lamanya proses tergantung dari spesifikasi VPS beserta besar kecilnya file yang diencode.convert video di vps, merubah format video di vps

    Adapun maksud dari perintah diatas adalah :

    • ffmpeg -i = Menjalankan FFMPEG
    • Arrow.dst.mp4 = Nama file yang akan diencode
    • gmax 7 = Kualitas video yang dihasilkan. Nilai parameter dari 1-9 dimana angka 1 adalah kualitas yang paling baik. Semakin baik kualitas, semakin besar sizenya.
    • -ar 44100 = Kualitas audio yang dihasilkan. Anda mungkin tahu, kualitas terbaik audio adalah 48000. Disini anda bebas menentukan sendiri apakah akan diberi kualitas audio setengahnya, seperempat atau berapa pun itu.
    • Arrow0220.flv = Adalah nama file output atau file yang dihasilkan setelah proses encode selesai dilakukan. Anda bebas membuat nama file apa saja sesuai keinginan anda.
  • Apabila anda ingin merubah resolusi video, maka tambahkan -s. Misalnya resolusi video asli adalah 720p (1280 x 720) dan ingin anda rubah ke 720×480, maka anda tinggal tambahkan saja :
    -s 720x480
  • Setelah proses encode selesai anda bisa langsung mendownloadnya ke komputer pribadi anda atau anda bisa upload ke berbagai hosting gratis seperti uptobox, mediafire, firedrive, uploaded dan lain-lain untuk dibagikan kepada teman-teman anda.cara menggunakan ffmpeg, cara encode dengan ffmpeg, encode di linux dengan ffmpeg

Untuk informasi lebih lanjut tentang FFMPEG ini, bisa anda dapatkan di halaman ini.

loading...

Komentar Agan Sista

3 Comments on "Cara Encoding Video di VPS Centos Menggunakan FFMPEG"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
ade
Pengunjung
ade
1 year 5 months ago

apakah format MKV support gan,,, ?

akmallinnux
Pengunjung
akmallinnux
1 year 2 months ago

Mending compile manual gan 😀 bisa mode 10 bit encoding ….

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126