Cara Cek Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh pemilik atau pengelola website (webmaster), karena hal ini merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung dalam berselancar di situs yang anda miliki.

Anda bisa membayangkan ketika anda mencari sebuah artikel, kemudian menemukan website yang sesuai dengan kebutuhan anda, namun memiliki loading yang sangat lama, saya yakin anda akan close website tersebut dan mencari website lain yang lebih cepat untuk anda akses. Sebaliknya jika anda menemukan artikel yang sesuai dan loading websitenya cepat, saya yakin anda akan merasa betah berselancar di website tersebut.

cek kecepatan loading website

Kecepatan loading website dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kecepatan dari server vps atau hosting itu sendiri, lokasi server (baca juga : tips memilih lokasi server yang tepat), content website, cache, css, java script dan lain-lain. Semua faktor tersebut saling berhubungan, artinya jika salah satunya atau beberapa faktor tersebut ada yang tidak bagus, maka website anda akan tetap slow, sampai faktor penyebabnya tersebut anda perbaiki. Untuk memperbaikinya, biasanya beberapa website penyedian layanan cek speed website menyediakan saran apa yang harus anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa situs yang menyediakan cek kecepatan loading website :

  1. Gtmetrix
    I
    ni adalah situs pengujian kecepatan loading website yang paling sering saya kunjungi. Gtmetrix memberikan laporan dalam bentuk abjad, dari A yang merupakan nilai paling tinggi sampai F yang merupakan nilai paling rendah. Laporan yang diberikan merupakan gabungan dari Google Insights PagebSpeed ​​dan YSlow beserta beberapa informasi tambahan seperti load time dan page size. Anda bisa memperbaiki faktor yang mendapat nilai jelek dengan mengkliknya satu persatu.
  2. Google Page Speed
    Google page speed menganalisa speed website anda untuk 2 perangkat yang berbeda, yaitu perangkat PC atau desktop dan perangkat mobile atau selular. Adanya hasil analisis dari perangkat seluler tersebut tentu sangat berguna bagi para webmaster yang menyasar para pengguna perangkat selular untuk mendapatkan pengalaman berselancar dengan lebih nyaman. Google page speed memberikan nilai per 100, artinya semakin tinggi angka yang didapatkan maka semakin bagus loading website anda. Disini anda juga diberikan panduan bagaimana cara memperbaiki beberapa faktor yang menyebabkan website anda mendapat nilai yang kurang maksimal.
  3. Webpagetest
    Webpagetest memberikan layanan cek loading website dari berbagai macam browser dan lokasi. Anda bisa memilih lokasi singapore untuk cek speed website anda dari wilayah Asean termasuk Indonesia. Waktu pengetesan di situs ini terbilang lumayan lama daripada yang lainnya. Hal ini saya rasa wajar, karena hasil dari analisis yang ditampilkan sangatlah detail, termasuk breakdown. Hasil analisis terdiri dari 6 grade yaitu First Byte Time, Keep Alive Enabled, Compress Transfer, Compress Images, Cache Static Content, dan Effective Use of CDN. Sama halnya dengan gtmetrix, data hasil analisis tersebut diberi nilai dengan abjad dari A sampai F, dengan A sebagai nilai terbaik. Untuk melihat hasil analisis secara detail, anda bisa menu detail atau anda klik pada masing-masing grade.

Selain ketiga situs tersebut, anda juga bisa cek kecepatan loading website anda dengan situs lain, seperti pingdom dan pagescoring. Sayangnya ketika artikel ini ditulis, ternyata terdapat error di kedua situs tersebut, bahkan di pagescoring terdapat error php yang saya rasa itu sangat mengganggu kenyamanan dan fungsi dari situs tersebut. Tentu selain dari situs yang saya sebutkan, anda bisa mencari situs lain yang memberikan layanan yang sama. Saya hanya memberikan referensi sesuai dengan pengalaman saya.

Beikut saya berikan screenshot kecepatan loading website dedeerik.com sebagai berikut :

 cek speed dedeerik

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126