Blog Sepi Pengunjung, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Blog sepi pengunjung adalah masalah yang cukup serius yang harus segera ditangani oleh pemilik blog. Siapapun itu, tentu saja akan merasa sangat senang jika blognya ramai dan banyak dikunjungi oleh orang lain, bukan?.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke blog, maka selain agan sista akan ikut terkenal bak seorang selebriti kelas atas, artikel-artikel yang agan sista buat juga akan dibaca dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Disamping itu, dengan banyaknya pengunjung yang datang juga akan membuka peluang lebih baik bagi agan sista untuk mengeruk pundi-pundi rupiah dari blog yang agan sista miliki.

Untuk dapat mengatasi masalah blog sepi pengunjung, terlebih dahulu agan sista harus mengetahui apa saja penyebab blog agan sista tidak banyak dikunjungi oleh orang lain serta apa saja kekurangan blog agan sista yang harus agan sista diperbaiki.

penyebab blog sepi, blog sepi pengunjung, blog sepi visitor, visitor blog sedikit, blog tidak ada pengunjung

Nah, berikut ini kang erik ringkas beberapa penyebab blog sepi pengunjung :

  • Artikel Masih Sedikit
    Penyebab pertama yang mungkin saja menimpa blog agan sista adalah jumlah artikel yang masih sedikit. Blog dengan jumlah artikel yang sedikit tentu saja akan dikunjungi oleh orang yang mencari artikel itu saja. Misalnya ada dua blog yang pertama memiliki satu artikel tentang A dan satu blog lagi memiliki 3 artikel tentang A, B dan C. Secara logika, blog yang pertama hanya akan dikunjungi oleh orang yang mencari artikel tentang A, sedangkan blog yang kedua akan dikunjungi oleh orang yang mencari artikel tentang A, B dan C. Jika dijumlahkan tentu blog kedua akan memiliki pengunjung lebih banyak bukan?

    Jumlah artikel yang sedikit memang bisa jadi penyebabnya, tapi agan sista juga harus baca penyebab yang lain, karena bisa saja blog yang hanya memiliki artikel 100 bisa mengalahkan blog yang memiliki artikel 200.

  • Artikel Musiman
    Sebaiknya agan sista pertimbangkan dengan matang jika ingin membuat artikel musiman. Artikel musiman adalah artikel atau informasi yang hot tapi cuma sesaat saja. Misalnya artikel tentang serangan teroris di paris, turnamen sepak bola piala jenderal sudirman dan lain sebagainya.

    Artikel jenis ini memang bagus untuk sementara waktu karena topiknya sedang hot dan banyak dicari orang, tapi tunggulah beberapa bulan, bahkan hanya minggu kemudian, kang erik yakin topik tersebut sudah tidak akan dicari banyak orang lagi, karena sudah basi

  • Tidak Menerapkan SEO Dengan Benar
    Seorang blogger wajib mengetahui dan menerapkan ilmu SEO dengan baik dan benar. Jika agan sista kesulitan untuk mempelajari SEO secara keseluruhan, setidaknya agan sista pelajari dasar dari ilmu SEO tersebut. Terus terang saja kang erik sendiri bukan seorang ahli SEO, kang erik hanya menerapkan dasar SEO yang kang erik pelajari dari berbagi forum serta teman-teman kang erik sesama blogger.

    Mulailah dengan riset kata kunci yang benar, terapkan On Page SEO, barulah agan sista bisa menerapkan Off Page SEO. Kang erik sendiri sebenarnya paling malas menerapkan Off Page SEO karena males ngebacklink kesana kemari, tapi ternyata jika On Pagenya sudah bagus, hasilnya juga lumayan bagus kok.

    Jika boleh kang erik beri saran, sebaiknya hindari penerapan black hat SEO, karena bisa jadi cara seperti ini malah akan merugikan agan sista dikemudian hari.

  • Peringkat SERP buruk
    Masih ada hubungan dengan SEO, jika SEO-nya buruk, maka bisa dipastikan peringkat blog agan sista di mesin pencarian juga akan buruk. Buruknya peringkat di mesin pencarian seperti google adalah salah satu faktor kenapa blog sepi pengunjung. Agan sista bisa coba cek posisi blog agan sista dengan mengetikan kata kunci yang agan sista target di mesin pencari. Lalu lihatlah hasilnya, ada di posisi berapakah blognya agan sista?

    Peringkat di SERP ini penting untuk diperhatikan, mengingat kebanyakan orang mencari sebuah informasi itu melalui search engine, mereka pasti akan mengklik situs yang berada pada posisi puncak dari kata kunci yang mereka ketik di search engine tersebut. Jika posisi blog agan sista berada di halaman antah berantah yang bahkan tidak diketahui keberadaannya, jangan harap agan sista akan mendapatkan banyak pengunjung organik dari search engine.

  • Kurang Promosi
    Yang terakhir yang dapat kang erik sampaikan adalah promosi. Segala macam produk itu butuh promosi untuk mengenalkannya ke orang lain loh. Agan sista pasti sering denger dong iklan-iklan toko online di televisi? Bagimana hasilnya? Pasti banyak orang yang tahu tentang toko online tersebut bukan? Dengan semakin banyaknya orang yang tahu, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

    Lalu, bagaimana jika tidak punya banyak dana untuk beriklan di media elektronik?

    Mulailah dari sesuatu yang paling mudah saja, promosikan blog agan sista ke sesama blogger dengan cara memberikan komentar di artikel-artikel mereka, promosikan pula di akun sosial media yang agan sista miliki atau jika agan sista sudah punya dana lebih, silahkan agan sista pasang iklan di blog-blog potensial yang setidaknya memiliki 1000 pengunjung perhari.

    Jika agan sista tertarik untuk memasang iklan di blog ini, silahkan meluncur saja ke halaman penawaran kerjasama pasang iklan dedeerik.com.

Demikian beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab sepinya pengunjung blog agan sista. Silahkan agan sista renungkan, kira-kira faktor yang mana yang paling pas dengan kondisi blog yang agan sista punya.

Adapun mengenai adanya blog yang sedikit artikel tapi pengunjungnya bisa lebih banyak daripada blog yang memiliki banyak artikel, kemungkinannya cuma ada 2, promosi yang besar-besaran atau strategi SEO-nya yang sangat matang. Makanya, kang erik kasih tau bahwa faktor-faktor penyebab blog sepi pengunjung tersebut itu sebenarnya saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Jangan pernah sekali-kali agan sista mengabaikan satu pun faktor yang kang erik tulis diatas, jika tidak mau blognya sepi.

meningkatkan ranking blog, meningkatkan pengunjung blog, menambah visitor blog, memperbanyak pengunjung blog, meramaikan blog, membuat blog terkenal, blog banyak dikunjungi.

O iya, bagi agan sista yang belum tahu bagaimana cara mengetahui jumlah pengunjung blog, agan sista bisa membaca artikel kang erik tentang cara daftar dan pasang histats di wordpress self hosted. Agan sista juga bisa memonitor perubahan yang terjadi pada blog agan sista lewat situs pemeringkat website seperti alexa.

Baca juga : Cara Daftar dan Verifikasi Alexa di Web atau Blog Terbaru

loading...
Tags:

Komentar Agan Sista

8 Comments on "Blog Sepi Pengunjung, Bisa Jadi Ini Penyebabnya"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
Selvia Arasi
Pengunjung
1 year 16 days ago

Menurut dari berbagai sumber yang saya baca, Banyak yang mengatakan bahwa kualitas konten akan mengalahkan kuantitas jika dinilai dari pencapaian ranking sebuah blog bahkan trafik yang diperoleh. jadi dengan demikian bukan alasan utama bahwa memiliki blog harus update setiap hari ya. mohon pencerahannya dan terimakasih.

tole tekno
Pengunjung
10 months 1 day ago

coba tak terapin gan di blog saya.. sangat bermangfaat..

hasbi
Pengunjung
8 months 2 days ago

kang erik saya punya blog yang artikel nya ada di posisi atas di pencarian google, tapi pengunjung saya masih sepi aja tuh hehe
kira kira apa lagi y kekurangan nya agar pengunjung saya jadi meningkat..

Ainia Hadi
Pengunjung
7 months 8 days ago

kualitas konten yang baik itu kriterianya seperti apa ya? jujur aja masih bingung, soalnya konten blog aku juga masih suka-suka. terimakasih sudah sharing :)

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126