Berapa Harga Pembuatan Website, Ini Jawabannya

Di era yang sudah serba online ini, kebutuhan manusia akan sebuah website baik untuk website pribadi, website perusahaan, website toko online, website sekolah / lembaga pendidikan dan lain sebagainya sudah bukan merupakan hal yang jarang dijumpai lagi. Saat ini sudah banyak orang diluar sana yang ingin memiliki website sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada orang yang mencoba membuat websitenya secara mandiri, ada pula orang yang memilih menggunakan jasa pihak lain. Namun, tahukah agan sista sebenarnya berapa rincian harga pembuatan website yang harus dipersiapkan?

Pada dasarnya tidak ada patokan khusus berapa harga pembuatan website secara pasti, semuanya mengikuti perkembangan harga komponen-komponen website itu sendiri, seperti harga domain, harga hosting dan harga theme atau plugin yang digunakan.

harga pembuatan website, biaya pembuatan website, rincian harga website, jasa pembuatan website

Jika agan sista ingin membuat website tanpa content management system (CMS), agan sista bisa membayar pula jasa web design yang tentu saja akan menelan biaya yang lebih besar, kecuali jika agan sista bisa mendesain tampilan website sendiri melalui bahasa-bahasa pemrograman yang biasa digunakan seperti HTML, PHP, JavaScript dan CSS.

Baca Juga : Cara Membuat HTML Dasar

Nah, dibawah ini saya coba rangkum apa saja dan berapa harga rata-rata yang biasanya dikeluarkan untuk membuat website :

  • Domain
    Harga Domain ini sangat bervariasi, tergantung nama domain yang akan digunakan. Dari mulai domain gratis sampai domain berharga satu juta rupiah lebih pun ada dan bisa anda dapatkan. Istilah ada harga ada kualitas juga berlaku disini. Jika agan sista tidak punya modal banyak, agan sista bisa menggunakan domain gratis atau domain berbayar dengan harga tidak lebih dari 150.000 rupiah. Harga domain berbayar tersebut merupakan harga rata-rata nama domain yang didaftarkan baik di situs luar negeri maupun situs lokal, terkecuali harga domain apapun id ( dot id ) yang saat ini harganya masih berada di kisaran 400.000-500.000 rupiah.Baca Juga : Cara Membeli Nama Domain IndonesiaBagi agan sista yang mempunyai isi dompet super tebal, agan sista bisa membeli domain cantik dengan harga yang jauh lebih mahal. Meskipun demikian, saya sarankan sebaiknya beli saja domain berbayar yang biasa, karena akan percuma nantinya jika domain yang mahal tidak diikuti dengan kontent dan teknik SEO yang berkualitas.
  • Hosting / VPS
    Seperti halnya harga domain, harga hosting pun sangat bervariatif, tergantung spesifikasi dan penyedia hosting yang akan digunakan. Hosting sendiri ada yang bersifat gratis dan ada pula yang berbayar. Hosting gratis biasanya memiliki fitu-fitur yang tidak lengkap dan sangat tidak direkomendasikan. Agan sista sebaiknya membeli hosting berbayar dengan harga dari mulai 5000 rupiah perbulan untuk kebutuhan pembuatan wesbite agan sista.Dalam pemilihan hosting ini, agan sista harus cermat terhadap spesifikasi hosting atau VPS yang akan dipilih. Perhatikanlah RAM, HDD, Bandwidth, CPU, Database, Addon Domain, Email dan fitur-fitur lainnya. Harga hosting standar biasanya berada dikisaran 25 ribu sampai 50 ribu rupiah perbulan. Sedangkan harga VPS standar berada dikisaran 50 ribu sampai 80 ribu rupiah perbulan.Baca Juga : Pengertian dan Cara Memilih Hosting
  • Web Design
    Khusus bagi agan sista yang tidak mau menggunakan CMS seperti wordpress, drupal, joomla dan lain sebagainya, agan sista harus mempersiapkan biaya untuk menyewa jasa web design. Terkecuali apabila agan sista sudah jago membuat desain web sendiri, agan sista bisa menghapus biaya untuk jasa ini.Saat ini jasa web design berkisar antara 1 juta sampai puluhan juta rupiah. Biasanya jasa web design sudah dipaket dengan jasa pembuatan website. Untuk jasa web design yang sudah masuk paket jasa pembuatan website biasanya berkisar antara 2 juta sampai ratusan juta rupiah.
  • Theme dan Plugin Premium
    Khusus bagi agan sista yang menggunakan CMS seperti wordpress dan ingin menggunakan theme atau plugin premium, agan sista harus mempersiapkan dana yang lebih besar lagi. Dana yang diperlukan sangat berveriasi, tergantung pihak pembuat theme atau plugin itu sendiri. Namun jika diambil rata-ratanya, harganya berkisar antara 250 ribu sampai 1 juta rupiah.Penggunaan plugin dan theme premium mungkin akan lebih memperindah tampilan, menambah fitur-fitur yang tersedia serta meningkatkan kualitas SEO website yang bersangkutan. Meskipun demikian, bukan berarti setiap website yang menggunakan theme atau plugin premium akan bisa dengan mudah muncul di page one google, masih banyak faktor-faktor lain yang harus agan sista perhatikan untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine.Saya sendiri tidak pernah menggunakan theme dan plugin premiun, saya rasa yang terpenting adalah pemahaman terhadap SEO on page, off page serta beberapa pengetahuan dasar HTML, PHP dan CSS sepertinya sudah lebih dari cukup. Hal ini juga bertujuan supaya harga pembuatan website saya bisa saya tekan serendah mungkin. hehe
  • Jasa SEO
    SEO ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan posisi yang bagus di hasil pencarian seardh engine seperti google. Bagi agan sista yang malas mempelajari atau mengamalkan ilmu SEO, agan sista bisa menyewa penyedia jasa SEO yang banyak bertebaran di dunia maya, baik lokal maupun mancanegara.Agan sista bisa persiapkan dana kurang lebih sekitar 2 juta sampai 5 juta rupiah untuk membayar para penyedia jasa SEO. Saya sendiri tidak pernah membayar jasa orang lain untuk urusan SEO. Saya coba pelajari sendiri kemudian saya amalkan sebisa-bisanya. Bukan karena sok pinter, tapi karena biaya untuk membuat website-website saya selalu saya tekan dengan alasan perekonomian pribadi yang masih belum stabil.

Jika mengacu pada pembahasan diatas, maka dapat saya simpulkan bahwa biaya atau harga pembuatan website sangatlah bervariatif. Untuk website biasa saja dengan biaya pembelian domain dan hosting / VPS, kurang lebih biaya yang harus disiapkan adalah 150.000 untuk domain, 600.000 (50.000×12) untuk hosting / VPS, jadi totalnya sebanyak 750.000 pertahun.

Harga pembuatan website tersebut bisa saja bertambah lebih besar jika agan sista juga menambahkan theme / plugin premium, jasa seo serta jasa web design dalam proses pembuatan websitenya. Silahkan agan sista kalkulasikan saja sendiri kira-kira membutuhkan biaya seberapa besar untuk membuat website impian agan sista.

Jika agan sista tidak mau repot membeli domain, hosting, install CMS, theme, plugin dan lain sebagainya, agan sista bisa membeli paket pembuatan website dari perusahaan website terpercaya yang tersebar di dunia maya. Harga paket seperti ini juga sangat bervariasi dari mulai 2 juta sampai ratusan juta pun ada, tergantung layanan dan fitur-fitur yang diberikan dalam paket tersebut.

loading...

Komentar Agan Sista

6 Comments on "Berapa Harga Pembuatan Website, Ini Jawabannya"

avatar

Tampilkan Komentar:   Terbaru | Terlama | Terfavorit
ayu popo
Pengunjung
ayu popo
8 months 26 days ago

wah kamu orang baik ya de i sekarang aku mulai ngerti tapi belum jelas jelas amat mungkin aku harus belajar lagi cari cari bahan oh ya nanti kita bisa bisnis bareng atau mungkin bikin perusahan membangun visi dan misi dan tujuan yg lebih besar kita tdk bisa kerja sendirian kan suatu hari nanti aku ingin kamu punya perusahaan sendiri di provinsi dan aku di provinsi lainnya ya gimana aja nanti holding company

cream pemutih wajah
Pengunjung
8 months 6 days ago

Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

diky
Pengunjung
diky
5 months 8 days ago

Ganti domain yaa?. Kenapa ganti domain?. Untuk vps biasanya harga semurah itu ya vps luar negri hehehehe

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126