id-winherba.com

5 Metode Pembayaran Online Paling Banyak Digunakan

 

Transaksi melalui dunia maya atau internet belakangan ini sudah menjadi trend yang terus tumbuh di kalangan masyarakat luas. Hal ini dapat kita lihat dari semakin berkembangnya toko-toko online yang secara mudah dapat kita jumpai di belantara dunia maya.

Kehadiran toko online tentu saja dapat memberikan nilai yang positif untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat modern seperti sekarang ini. Anda bisa bayangkan jika dahulu kala seorang yang ingin menjual barangnya harus membuka toko secara fisik dengan modal yang begitu banyak, maka sekarang biayanya bisa ditekan sangat murah dengan menjajakan dagangannya melalui internet.jasa pembayaran online, pembayaran online indonesia, cara pembayaran online, sistem pembayaran online, bayar di toko online

Begitu halnya dengan pembeli, jika dulu seorang yang ingin berbelanja harus mendatangi toko fisik yang mungkin saja jaraknya sangat jauh, belum lagi kendala di jalan seperti macet, banjir, hujan dan lain sebagainya, maka sekarang hanya dengan ketikan jari. anda sudah bisa mendapatkan barang incaran anda dengan mudah.

Dengan semakin berkembangnya toko online, maka semakin beragam pula metode pembayaran yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online. Jika anda berbelanja ke pasar tradisional, anda harus membawa banyak uang cash yang nantinya akan anda gunakan untuk membayar barang yang anda inginkan. Proses seperti ini tentu saja tidak akan bisa dilakukan dalam transaksi online yang notabene penjual dan pembelinya berada di tempat yang berbeda, meskipun sama-sama berada dalam halaman website yang sama. Penjual bertindak sebagai admin, sedangkan pembeli bertindak sebagai pengunjung situs jual beli tersebut.

Metode pembayaran yang digunakan oleh setiap toko online mungkin saja berbeda-beda. Hal itu memang sepenuhnya bergantung kepada pihak penjual, apakah penjual akan menggunakan metode A, B, C atau yang lainnya, sedangkan pembeli hanya bisa melakukan pembayaran dengan mengikuti metode pembayaran apa yang disediakan oleh penjual.

Meskipun adanya keberagaman metode pembayaran dalam transaksi di dunia maya, namun beberapa metode pembayaran berikut ini adalah metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh toko online dalam maupun luar negeri.

  1. Kartu Kredit (Credit Card)
    Apa yang tidak bisa dibayar dengan kartu kredit? Dari mulai toko online super yang menyediakan banyak jenis barang dagangan sampai toko online yang hanya mengkhususkan jenis barang dagangannya pun pasti menerima pembayaran via kartu kredit. Anda mungkin mengenal Google store, Apple store, Ebay dan Amazon yang semuanya menyediakan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit.

Metode pembayaran ini terbilang paling mudah digunakan, karena pemegang kartu kredit hanya diminta memasukan data kartu kreditnya saja dan kemudian proses pembayaran pun selesai dilakukan.

Untuk toko online dalam negeri memang masih jarang ditemui adanya toko yang memberikan opsi pembayaran via credit card. Saya sendiri masih sedikit bingung kenapa toko online dalam negeri jarang yang menerima pembayaran via kartu kredit, mungkin saja karena prosesnya dan tingkat keamanan yang belum memadai. Namun akhir-akhir ini beberapa toko online dalam negeri juga sudah mulai berbenah menuju ke arah yang lebih baik.

  • Paypal
    Selain kartu kredit, paypal adalah metode pembayaran online paling banyak digunakan saat ini. Di berbagai toko online mancanegara, anda tidak akan susah untuk menemukan metode pembayaran yang satu ini. Paypal adalah metode pembayaran online paling populer, karena selain menawarkan kemudahan saat bertransaksi, faktor lain yang menyebabkannya sangat terkenal saat ini adalah faktor keamanan, gratis biaya pendaftaran dan biaya bulanan pula lah yang menyebabkan metode pembayaran ini sangat boming di kalangan para pebisnis online.

 

Saat ini paypal sudah mulai banyak digunakan oleh toko online lokal, baik toko terbatas maupun lengkap. Sayangnya, paypal belum mendukung penggunaan rupiah saat melakukan transaksi, sehingga toko online yang akan menggunakan paypal ini harus menjual barang dagangannya dengan mata uang asing seperti Euro atau Dollar Amerika.

  • Kartu Debit Online (Payoneer)
    Tidak semua kartu debit dapat digunakan untuk transaksi online, terutama kartu debit lokal yang memang belum memperbolehkan penggunaan semacam ini. Namun jika anda menggunakan kartu debit dari bank luar negeri, anda mungkin bisa melakukan transaksi melalui kartu debit. Untuk mendapatkan kartu debit luar, anda bisa mendaftar di payoneer.

 

Saya sendiri mempunyai kartu debit payoneer yang saya terima sudah hampir satu tahun yang lalu. Kartu debit payoneer selain bisa digunakan untuk transaksi online di internet juga dapat anda gunakan untuk berbelanja di supermarket maupun melakukan transaksi melalui mesin ATM.

  • Transfer Bank
    Meskipun bisa dibilang kuno, tapi metode ini masih sangat banyak digunakan oleh pebisnis online. Metode pembayaran melalui transfer bank memang sangat merepotkan, karena harus dilakukan secara manual. Artinya pembeli mentransfer dana secara manual, mengkonfirmasi secara manual dan kemudian penjual mengecek apakah dana yang di transfer tersebut sudah diterima atau belum.

 

Sungguh membutuhkan proses yang sangat panjang. Namun demikian, metode yang satu ini paling umum dilakukan, karena orang yang tidak memiliki kartu kredit, paypal ataupun kartu debit online akan dapat melakukan transaksi pembayaran melalui transfer bank.

  • Cek dan Western Union
    Meskipun kedua metode pembayaran ini berbeda, tapi saya menyatukannya di urutan nomor lima. Alasannya karena kedua metode ini lebih sering digunakan program affiliate atau periklanan seperti Google AdSense, Adbrite, ClickBank dan lain-lain dalam membayar gaji anggotanya.

 

Pembayaran melalui cek akan dikirimkan langsung ke alamat yang dituju dan dapat dicairkan di bank lokal. Salah satu kelemahan sistem cek adalah proses pengirimannya yang akan memakan waktu lumayan lama, apalagi jika cek tersebut dikirkan dari luar negeri. Sedangkan western union adalah layanan pengiriman uang lintas negara atau dalam negeri secara real time yang aman dan dengan proses yang lebih cepat. Kedua sistem pembayaran ini terutama cek sangat jarang dijumpai di toko-toko online dalam maupun luar negeri.

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126