10 Plugin WordPress Terbaik Yang Wajib Anda Install

Sebelum saya post artikel ini, saya kasih diclaimer dulu bahwa ke 10 plugin wordpress yang akan saya bahas di bawah adalah bersifat optional, artinya tidak ada keharusan bahwa kesepuluh plugin tersebut harus anda install di situs wordpress anda. Semuanya tergantung kebutuhan dari situs anda sendiri. Disini saya hanya sebatas memberikan gambaran fungsi dan manfaat menggunakan 10 plugin wordpress tersebut yang luar biasa dahsyat, sehingga bisa menjadikan situs / blog wordpress anda lebih keren dan power full.

Plugin adalah seperangkat aplikasi tambahan yang berisi script yang dapat memberikan fitur atau layanan yang spesifik sehingga dapat meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress. Plugin dapat dibuat dan dikembangkan oleh siapa pun yang ingin melakukannya. Karena hal inilah yang kemudian menjadikan plugin wordpress semakin berkembang banyak dengan bermacam-macam fungsi.plugin untuk wordpress, plugin wordpress terbaik, kumpulan plugin wordpress, plugin penting wordpress

Jika anda ingin membuat wordpress anda memiliki fungi tertentu saja, anda bahkan akan disuguhkan oleh banyak pilihan yang mungkin saja hal tersebut membuat anda bingung, terutama untuk yang pertama kali menggunakan wordpress seperti saya. Meskipun demikian, saya biasanya menggunakan indikator sebagai berikut sebelum menginstall plugin yang saya inginkan :

  • Rating
    Ini indikator yang pertama saat saya memilih plugin untuk wordpress saya, rating yang bagus menandakan bahwa plugin tersebut memang bagus. Saya rasa para pengguna wordpress tidak akan memberikan rate bagus jika pada kenyataannya plugin tersebut jelek. Meskipun bisa saja hal ini terjadi, tapi saya rasa hal itu sangat jarang terjadi.
  • Jumlah Download
    Jumlah download plugin bagi saya merupakan pertanda bahwa plugin tersebut adalah populer dimata pengguna wordpress, plugin yang populer akan banyak di bahas di blog, furum dan lain-lain.
  • Last Update
    Ini tidak kalah penting bagi saya dalam memilih plugin wordpress. Akan tidak lucu jika plugin yang saya install adalah plugin jadul yang tidak ada update sama sekali atau update terakhirnya sekitar 2 tahun yang lalu. Saya menambahkan hal ini sebagai indikator untuk memastikan bahwa plugin yang saya install akan terus diupdate untuk memperbaiki bug yang kemungkinan ada pada plugin tersebut.
  • Compatible dan Requires
    Kedua hal ini tidak perlu diperdebatkan saya rasa. Jika wordpress yang saya miliki adalah versi 3.8 dan ternyata plugin tersebut hanya mendukung wordpress versi 3.9 ke atas, saya rasa anda pun tidak akan menginstallnya, karena bisa saja nanti malah terjadi error atau hal lain yang tidak diinginkan, terkecuali anda adalah seorang petualang yang ingin melakukan banyak percobaan.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa plugin dibuat untuk bermacam-macam fungsi dan karena banyaknya fungsi tersebut tentu kita harus bisa memilah dan memilih kira-kira fungsi mana yang paling penting untuk kita gunakan di situs/blog wordpress yang kita miliki. Nah, berikut adalah 10 plugin wordpress terbaik dengan berbagai fungsi pilihan saya :

  1. Akismet
    Berfungsi sebagai anti spam. Jika anda merasa pusing dengan banyaknya komentar spam di blog wordpress anda, saya sarankan anda untuk menginstall plugin ini. Plugin yang satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi komentar spam yang masuk. Anda diharuskan daftar terlebih dahulu untuk menikmati layanan dari plugin ini.
  2. Broken Link Checker
    Seperti namanya, plugin yang satu ini berfungsi untuk mengecek  adanya link yang rusak. Link rusak selain mengganggu kenyamanan juga mengganggu optimasi di search engine. Anda bisa menambahkan plugin lain yang berhubungan, seperti Redirection untuk memanage link rusak yang telah ditemukan.
  3. Contact Form 7 dan Contact From DB
    Kedua plugin ini sangat berkaitan. Contact Form 7 berfungsi untuk membuat tampilan formulir sedangkan Contact From DB berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukan di formulir tersebut ke database. Kedua plugin ini sangat membantu jika anda ingin membuat formulir dalam post atau page anda dan menyimpannya ke database dengan simple dan flexible.
  4. Grab & Save
    Berfungi untuk menyimpan gambar ke local wordpress anda secara langsung. Jika anda membutuhkan gambar dari internet dan tidak mau repot mendownload gambar tersebut ke komputer anda terlebih dahulu kemudian anda upload lagi ke wordpress anda, saya rasa ini adalah plugin yang tepat untuk itu. Anda hanya perlu copy link gambar tersebut kemudian simpan dengan nama file yang anda inginkan dan anda sudah bisa menambahkannya langsung ke artikel anda.
  5. Jetpack By WordPress.com
    Ini adalah satu plugin dengan ragam fungsi yang power full. Dengan jetpack anda bisa mengetahui statistik blog anda, costum css, videopress, post by email, membuat contact form dan lain-lain. Anda bisa mencoba merasakan berbagai fitur tersebut dengan hanya mengkik activate pada settingan jetpack anda. Untuk mendapatkan layanan ini anda bisa menggunakan akun di wordpress.com anda. Jika tidak punya silahkan buat terlebih dahulu.
  6. Print Friendly and PDF
    Fungsi plugin ini adalah untuk membuat artikel anda bisa langsung print atau menyimpannya dalam format PDF. Ini akan sangat bermanfaat jika ada pengunjung yang ingin print artikel atau menyimpannya di format PDF. Saya biasa menggunakan ini untuk menyimpan artikel saya dalam file PDF kemudian menguploadnya di berbagai situs berbagi PDF favorite saya.
  7. Simple Tag
    Plugin ini berguna untuk memudahkan anda membuat tag dalam postingan artikel anda, plugin ini memberikan suggest tags, mass edit tags, auto tags dan fitur lain yang sangat keren untuk membatu meringankan pekerjaan pembuatan atau pengeditan tags anda.
  8. WordPress SEO By Yoast
    Plugin ini berfungsi untuk Optimasi SEO anda. Sebenarnya anda bisa saja menggunakan plugin lain selain ini seperti All in One SEO Pack, tapi saya lebih terbiasa menggunakan plugin dari yoast ini. Plugin ini sangat mudah saya gunakan dan terbukti banyak membantu saya untuk keperluan SEO saya.
  9. W3 Total Cache
    Nah, plugin yang ini sangat berkaitan dengan kenyamanan pengunjung, jika blog wordpress anda terasa sangat lambat, anda bisa menggunakan plugin luar biasa ini. Loading blog sangat perlu anda perhatikan, karena bisa jadi pengunjung yang datang ke blog anda tiba-tiba kabur saat membuka blog anda yang sangat lambat. Saya sendiri akan melakukan hal yang sama jika menemukan halaman yang loading lama seperti itu.
  10. Yet Another Related Posts Plugin
    Yet Another Related Posts Plugin berfungsi untuk memberikan artikel berkaitan di akhir artikel anda. Hal ini akan sangat membatu memudahkan pengunjung anda untuk membaca artikel lain yang berkaitan dengan topik tersebut.

 

loading...

Komentar Agan Sista

Komentari Artikel Diatas

avatar

wpDiscuz
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
IBX582AC890E0126